AJANG BELAJAR DARI KESALAHAN

AYAH BUNDA, APAKAH PROSES BELAJAR ANANDA FOKUS PADA AKADEMIS ATAU KEBERMAKNAAN ?
05/09/2017
AYAH BUNDA, APAKAH ANANDA LEBIH TERTARIK MAIN GADGET KETIMBANG MEMBACA BUKU?
06/09/2017

Ayah Bunda,

Membuat kesalahan merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dari proses belajar. Bagaimana kesalahan itu lantas bisa menjadi ajang belajarnya Ananda?

Ayah Bunda, Ananda yang melakukan kesalahan saat belajar membuat Ananda mencari tahu kenapa bisa tidak berhasil dan terjadi kesalahan. Terkadang, Ananda menjadi bingung kenapa bisa tidak berhasil, apa yang salah?

Lalu, terkadang Ananda mengadukan pada orang dewasa atau temannya, “kenapa ya saat memakai sepatu terbalik, saat berlari rasanya seperti mau jatuh”,  “kenapa ya saat aku rebut mainan dari dia, dia jadi memukulku…padahal tadi dia mainnya udah lama dan tidak mau bergantian?”

Tahukah Ayah Bunda, terkadang Ananda perlu merasakan proses kebingungan, karena kebingungan mendorong Ananda pada pemahaman yang lebih dalam. Selain itu, Ananda pun jadi memiliki alternatif lainnya untuk dicobanya saat alternatif sebelumnya yang salah saat diterapkan. Saat Ananda mengadukan akan kebingungannya cobalah untuk menahan diri tidak langsung mengkoreksinya.

Yuk, Ayah Bunda ajak Ananda mencari tahu melalui diskusi…

Dari diskusi, diharapkan kesalahan dikoreksi oleh diri Ananda sendiri. Jawaban dari tantangan belajar apapun didapatkan dari Ananda, karena Ananda adalah subjek belajarnya.

Ayah Bunda, bagaimana cara Ananda berani mengambil resiko atas berbagai tantangan hidup, tergantung bagaimana Ayah Bunda menahan diri untuk tidak langsung membantu dan mengkoreksi karena Ananda perlu mengalami menerima konsekuensi dari kesalahannya.

Ayah Bunda,

Yuk, ajak Ananda menjadikan kesalahan sebagai “teman belajarnya”.. Ananda akan merasa aman, tidak panik, dan stress saat melakukan kesalahan, karena saat Ananda merasa tidak aman Ananda tidak dapat memperlihatkan kemampuannya saat berkegiatan (pasif).

Ananda yang takut salah membuat Ananda yang enggan dalam mengambil kesempatan atau keputusan. Ananda yang melakukan kesalahan lalu mencari tahu kenapa bisa salah akan memiliki berbagai alternatif solusi lainnya membuat kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatifnya meningkat.

Ayah Bunda, membuat kesalahan adalah bagian dari hidup. Bukankah tidak ada manusia yang sempurna? Saat Ananda melakukan kesalahan, tidak akan mempengaruhi bagaimana Ayah Bunda mencintai ananda…

 

==============

Ayah Bunda,

TK Alifa Kids telah membuka pendaftaran.

Untuk memberikan kenyamanan bagi orang tua dan Ananda, kami juga memberikan GRATIS TRIAL CLASS (tes kelas) selama 3 hari (senin hingga jum’at). Ayah Bunda dapat mengamati bagaimana respon Ananda sebelum melakukan pembayaran uang pendaftaran sekolah.

 

Yuk, Ayah Bunda

Manfaatkan program DISKON dan Cicilan dari kami. Semoga program ini memberikan kemudahan bagi Ayah Bunda. Silakan dishare jika bermanfaat J

 

Call Center : 0823 9272 6000

————————————————–

Comments

comments

Comments are closed.