ANANDA BELUM BERANI TAMPIL? Berikut Ini Cara Mengatasinya

Ini Dia Kesan Orang Tua tentang Sekolah Anaknya
28/03/2015
ANANDA SULIT DIAJAK SHOLAT ? Yuk, Simak Tips Berikut
31/03/2015

ANANDA BELUM BERANI TAMPIL?

Berikut Ini Cara Mengatasinya

 

Ayah Bunda,

Mungkin sebagian besar orang tua bangga melihat anak-anak mereka berani tampil di depan umum. Keberanian setiap anak berbeda-beda, tergantung dari personality, kebiasaan dan lingkungan yang dimiliki anak (apakah selama ini memang selalu difasilitasi untuk tampil).

 

TK di Pekanbaru | TK di Palembang | Berani Tampil

 

Ada anak yang memang cenderung nyaman dan mudah bergaul, mau tampil di depan umum tanpa perlu banyak stimulus. Biasanya tipe ini disebut ekstrovert.

Ada juga yang lebih senang mengamati, menyendiri dan sibuk dengan pikirannya sendiri. Biasanya anak tersebut lebih tenang atau kalem, sering dikenal dengan tipe introvert.

Manakah dari kedua tipe ini yang terbaik…?

Jawabannya : KEDUANYA SAMA BAIKNYA

 

Yaa… tak ada tipe yang dianggap lebih unggul. Namun kadang orang tua dan lingkungan kurang memahami dan menganggap anak yang pendiam/ pemalu sebagai anak yang ‘bermasalah’.

Jika mindset/ cara perpikir seperti ini tidak diluruskan, maka orang tua justru akan melukai hati anak dengan memaksa anak untuk menjadi pemberani versi orang tua/ lingkungan.

 

Bagaimana agar kita paham tipe anak kita ?

Caranya dengan mengamati kebiasaannya, mana yang membuatnya lebih nyaman? Bergaul dengan banyak teman ataukah berkreasi sendiri, mengamati dan menciptakan sesuatu sendiri.

 

Jika Ayah Bunda ingin melihat ananda berani tampil, beberapa hal berikut perlu menjadi perhatian :

1. Sebelum ia tampil di acara yang baru baginya, pastikan bahwa ia sudah ikut latihan dengan intensif, bukan yang sesekali.

2. Usahakan datang lebih awal di tempat acara, agar anak punya waktu mengamati lingkungan barunya. Datang terlambat hanya akan membuat anak grogi dan moodnya tak baik.

3. Berikan semangat bahwa Ayah Bunda ingin sekali melihat ia tampil dan bangga atas usahanya. Jaga mood-nya menjelang tampil.

4. Orang tua jangan panik, karena jika anak melihat orang tuanya tak nyaman, ia pun ikut tak nyaman.

5. Jika anak ternyata tak ingin tampil, mendadak mood-nya berubah maka JANGAN DIPAKSAKAN. Cobalah berikan semangat, dan tetaplah puji ia, katakan bahwa masih bisa tampil di lain waktu atau di acara yang lain.

6. Jangan memarahi jika anak tak mau tampil, justru ini melukai hatinya. Orang tua tak perlu merasa malu/ kecewa. Tujuan anak tampil bukan untuk memuaskan orang tua, bukan untuk dibangga-banggakan, tetapi dalam rangka melatih kemampuan ananda.

 

Jika Ayah Bunda mendapati ternyata ananda memang tidak suka tampil, BUKAN berarti ia anak penakut/ tak pemberani. Tidak semua tipe manusia senang tampil. Ada yang senang berpikir (menganalisa), ada yang senang berkreasi sendiri, ada yang senang menyendiri dan membaca, setiap anak itu UNIK.

Banyak orang SUKSES yang bertipe seperti ini (pendiam, tak ingin tampil, menyendiri), diantaranya Albert Einstein, Bill Gates, Waren Buffet, dan lain-lain.

 

Kesuksesan seorang anak tidak diukur dari orang lain, tak bisa dibanding-bandingkan (dengan temannya, adik, kakak bahkan orang tuanya). Kesuksesannya adalah saat kita mampu melihat apa yang menjadi kelebihannya lalu disupport dan diasah dengan fokus.

Silakan dishare jika bermanfaat ya, Ayah Bunda… Selamat mencintai Ananda dengan CINTA TANPA SYARAT.

=====

Tips Parenting | TK di Pekanbaru | TK di Palembang

Comments

comments

Comments are closed.