ANANDA SULIT DIAJAK SHOLAT ? Yuk, Simak Tips Berikut

ANANDA BELUM BERANI TAMPIL? Berikut Ini Cara Mengatasinya
30/03/2015
BAGAIMANA MENGENALI POTENSI ANAK &  MENYAYANGI Mereka dengan CARA yang TEPAT ?
31/03/2015

Bunda : “Kita sholat apa sekarang, Sayang…?”

Ananda : “Ashar, Bundaaa….”

Bunda : “Kenapa anak bunda perlu sholat ya…?”

Ananda : “Supaya bisa dapat tiket ke sorga, Bundaaa…”

Demikian serunya dialog persiapan sholat Ashar di Program Full Day TK Alifa Kids.

 

Ayah Bunda,

Usia kanak-kanak adalah tahapan ‘pengenalan’  terhadap hal-hal baru yang kelak berguna untuk masa depannya. Karena masih dalam tahap mengenal, maka dibutuhkan konsistensi/ ketekunan dalam prosesnya, sehingga dapat melahirkan pemahaman dan berbuah kesadaran.

 

TK di Pekanbaru | TK di Palembang | Anak Sholat

 

Demikian juga dalam hal Sholat dan ibadah lainnya. Jika ternyata Ananda sulit untuk diajak melaksanakan Sholat, beberapa tips berikut dapat Ayah Bunda coba.

1. Ajak ananda untuk sholat berjama’ah di rumah, misalnya saat magrib dan isya. Anak-anak belajar dengan mencontoh, mereka melakukan apa yang mereka lihat, dan orang tua adalah kunci/ panutan mereka.

2. Saat santai, temani ananda dengan cerita kenapa kita perlu sholat. Sebaiknya hindari kata-kata yang menakutkan (neraka), karena kemampuan anak-anak mencerna informasi belum sebaik orang dewasa. Tentunya Ayah Bunda setuju bahwa ajaran agama mestinya dikenalkan agar muncul kecintaan, bukan ketakutan.

3. Bila suatu kali ananda enggan diajak sholat, tak perlu dimarahi. Ayah Bunda dapat memberi nasehat dengan menyentuh hatinya.

“Sayang, Allah sudah kasi tubuh yang sehat, wajah yang cantik … yuk kita sholat, sampaikan terimakasih pada Allah… Ananda lihat Ayah Bunda bekerja…? Nah, itu karena Allah yang kasi untuk keluarga kita… Ananda ingat kemarin kita bisa beli mainan..? Nah itu juga dari Allah uangnya, Allah titipkan ke kantor Ayah Bunda, supaya keluarga kita bisa cukup rezekinya…”

4. Sediakan waktu untuk bersama-sama mencari buku atau cerita tentang keutamaan sholat, sampaikan kepada mereka dengan bahasa yang sederhana, sebisa mungkin visual (nampak).

5. Sesekali ajaklah ananda ke panti asuhan atau memperhatikan anak sebayanya yang tak seberuntung ia (sambil memberikan santunan), ceritakan betapa Allah Maha Baik, telah memberikan kebaikan yang banyak bagi keluarga Ayah Bunda.

TK di Pekanbaru | TK di Palembang | Anak Sholat 2

 

Ayah Bunda,

Semoga dengan menyentuh hatinya, mengajarkan syukur atas apa yang ananda sudah miliki, kelak bisa menjadi pondasi terbangunnya kesadaran dan kecintaan kepada agama dan dengan senang hati mau beribadah… Pastikan setiap kali ajakan dan nasehat yang diberikan kepada Ananda disampaikan dengan suara yang lembut, tanpa bentakan ya, Ayah Bunda…

 

Selamat mencoba ya, Ayah Bunda…

Kemampuan kita bersyukur kepada pemberian Tuhan akan mendatangkan tambahan kasih sayangNYA (nikmat dariNYA)…

Silakan diShare jika bermanfaat ya, Ayah Bunda..

=====

Tips Parenting | TK di Pekanbaru | TK di Palembang

Comments

comments

Comments are closed.