Apakah Penyebabnya Kenakalan Remaja…?

Berapa Biaya Sekolah TK Alifa Kids…?
06/05/2014
Belajar: Menyenangkan vs Menakutkan
09/05/2014

Ayah Bunda….

Akhir-akhir ini semakin sering kita mendengar berita yang menyedihkan seputar dunia anak-anak. Mulai dari kekerasan seksual hingga tindakan anak yang mampu menghilangkan nyawa temannya sendiri…

Kami mencoba berbagi dari sisi dunia kanak-kanak. Kami yakin bahwa apa yang terjadi masa kini dipengaruhi oleh keadaan masa lalu. Kenakalan remaja  tentunya juga disebabkan oleh bagaimana proses kanak-kanaknya.

Kenakalan Remaja

Ada beberapa hal pada masa kanak-kanak yang perlu kita bersama cermati:
1. Bagaimana keadaan orang tuanya?

Keharmonisan orang tua sangat berpengaruh pada mental seorang anak. Meskipun ada konflik yang tak nampak pada hubungan orang tua namun anak mampu merasakan adanya ketidakberesan, ia tak mampu “protes” secara terang-terangan namun batinnya yang protes.

2. Bagaimana proses belajar saat kanak-kanak.

Sekarang ini semakin tren saja sekolah kanak-kanak yang mentargetkan agar anak bisa baca tulis hitung, ini dan itu. Padahal skill ini masih bisa dipenuhi hingga usia 8 tahun nanti. Orang tua mungkin beralasan bahwa SD yang menuntut, namun jika saja orang tua bersepakat menolak maka pihak SD pun tak akan memaksakan. Selain dilarang pemerintah, sekolah SD yang melakukan tes Calistung bisa mendapatkan sanksi dan orang tua berhak melapor. Bahaya memaksakan Calistung pada usia kanak-kanak akan berakibat kerusakan mental pada diri remaja, saat ini kita temukan mental anak yang rusak tak perlu menunggu remaja, usia SD pun sudah mulai terimbas.

3. Apa tontonan dan apa yang anak dengar saat ia usia kanak-kanak.

Usia kanak-kanak ibarat spons yang sangat potensial dalam meresap atau merekam apa yang ia dengar dan lihat. Tontonan negatif makin tidak terbendung. Saat orang tua/ om/ tante/ kakek/ nenek/ asisten rumah tangga menonton dan anak turut hadir, dapat dipastikan bahwa ia ikut merekam apa yang ia lihat.

Ayah Bunda….
Orang tua perlu bijak dalam memilihkan lingkungan yang tepat bagi anak-anak mereka. Tak berarti didampingi orang dewasa akan menjamin anak bertumbuh sesuai kebutuhannya. Justru yang sering terjadi adalah anak-anak mengikuti pola orang dewasa yang kurang baik.
Setiap Anak memerlukan lingkungan yang kondusif agar tumbuhkembangnya ke arah yang positif lahir dan bathin.

====

Tips TK Terbaik di Pekanbaru || TK Terbaik di Palembang

Comments

comments

Comments are closed.