Ayah Bunda, Manakah yang Menjadi Kecerdasan Ananda?

Refleksi Mempertajam Daya Pikir Ananda
09/10/2017
MAMPU MANDIRI SEJAK DINI
19/10/2017

Ayah Bunda,

Ada berbagai macam kecerdasan pada diri Ananda, kecerdasan mana yang paling menonjol pada diri Ananda ?

Ada Ananda yang sangat peka terhadap lingkungan dengan peduli terhadap sesama atau sangat menghargai sesama, itulah Ananda yang cerdas secara afektif.

Jika ada Ananda yang selalu aktif bergerak, sering tampil secara fisik, itulah Ananda yang cerdas secara psikomotor.

Ada pula Ananda yang cerdas secara kognitif, seperti kemampuan olah pikir Ananda untuk mengenali, menganalisis sesuatu, dan akhirnya mampu menyelesaikan masalahnya sendiri.

Ayah Bunda,

Dalam menilai kecerdasan Ananda seringnya kita hanya tertuju pada aspek kognitifnya yang tampak pada kemampuan menghafal saja.

Aspek kognitif selalu menjadi perhatian di sekolah sebagai simbol kepandaian Ananda yang hanya dilihat dari pencapaian hasil belajar di sekolah, sehingga makna cerdas menjadi terbatas.

Alhasil banyak Ananda terbelenggu hanya pada satu atau dua kecerdasan saja, sementara kenyataannya ada banyak potensi lain dari dirinya yang semestinya kita kembangkan.

Makna cerdas yang sesungguhnya adalah kemampuan Ananda untuk belajar, memahami lingkungan dan kemampuan ia dalam memecahkan masalah. Maka dari itu, kita sebagai pendidik (guru dan orangtua) bisa memahami ini sebagai salah satu cara  untuk menjadikan Ananda sebagai pembelajar yang merdeka. Merdeka menunjukkan diri bahwa setiap Ananda cerdas.

Comments

comments

Comments are closed.