Ayah Bunda, Siapkah Untuk Mendampingi Proses Sosialisasi Ananda?

Informasi kecerdasan Ananda yang khas pada kumpulan karyanya
31/07/2017
Esensi Pendidikan
01/08/2017

Tentunya menjadi harapan bagi Ayah dan Bunda ketika Ananda dapat mandiri dalam berinteraksi di lingkungan yang baru.

Tahukah Ayah Bunda?

Bersosialisasi sejak dini akan membantu membentuk kepribadian Ananda. Hal ini juga akan berpengaruh pada kehidupan sosialnya kelak. Untuk itu, peran orang tua serta lingkungan yang tepat sangat berpengaruh pada pembentukan budaya pada diri Ananda.

Dengan bersosialiasasi sejak dini, akan membantu Ananda memiliki keyakinan untuk melakukan sesuatu dan bersikap selektif dengan belajar dari pengalamannya. Ananda akan tumbuh menjadi sosok yang peduli kepada sesama.

Ayah Bunda juga bisa membiasakan Ananda bersosialisasi pada usia 2 tahun, agar Ananda dapat melalui tahapan sosialisasi dengan tepat. Mulai dari tahap mengenali, menirukan sesuatu yang dapat menstimulasi komunikasi verbal dan non verbal, hingga mempelajari, serta memperaktikkan nilai-nilai yang ada dalam lingkungan tersebut.

Karena usia dini adalah masa yang paling penting untuk mengajarkan Ananda bersosialisasi. Sebab pada usia tersebut Ananda baru mulai belajar sesuatu dan memiliki keingintahuan yang cukup besar.

Bagaimana Ayah Bunda?

Siapkah untuk mendampingi proses sosialisasi Ananda di sekolah?

Jangan biarkan Ananda menjadi pribadi yang tertutup dan tidak mau bergaul. Kenalkan beragam lingkungan pada Ananda sedari kecil. Agar ia menyadari bahwa dunianya sangat luas dan bukan hanya sebatas rumah saja.

 

Comments

comments

Comments are closed.