Bagaimana Standar Sekolah Usia Dini yang Aman Bagi Anak

Happy Parents for Happy Family
17/04/2014
Tips Memilih Sekolah Bagi Ananda
28/04/2014
TK terbaik di Palembang
Ayah Bunda,
Belajar dari kasus kejahatan seksual pada anak di sebuah sekolah bertaraf internasional di Jakarta, kami ingin sedikit berbagi mengenai standar keamanan sekolah bagi anak usia dini.
Sebagai sekolah taman kanak kanak yang ingin mendedikasikan diri menjadi TK terbaik di Pekanbaru dan TK terbaik di Palembang, kami memiliki keyakinan dan konsep sendiri mengenai sumber daya manusia atau tim yang bekerja di sekolah kami.Beberapa hal yang kami yakini mengenai orang-orang yang boleh dekat dengan anak-anak usia dini adalah:
Mereka adalah para guru dan staf perempuan.
Kami pernah mempekerjakan staf laki-laki sebagai security (bukan outsource), namun ternyata justru membuat keadaan tidak kondusif bagi lingkungan kerja (sesama guru dan anak-anak). Bagaimanapun mereka adalah kaum muda yang punya rasa. Kami menghindari hubungan personal antar tim yang justru membuat tidak sehatnya lingkungan kerja (pacaran misalnya).Kami juga pernah berpikir bahwa diperlukan sosok laki-laki sebagai “ayah” namun kami kembali mengurungkan niat itu, karena kekhawatiran terhadap kekerasan seksual tersebut walaupun mereka hanya sebagai security. Kami menerapkan standar keamanan kepada tim guru (perempuan) untuk berhati-hati dengan tidak mempersilahkan sembarang orang masuk ke lingkungan sekolah.Mereka merupakan karyawan di sekolah tersebut, bukan outsource.
Dengan memperkerjakan outsource akan lebih sulit bagi kami untuk melakukan pembinaan, karena secara emosi ia akan merasa bahwa perusahaannya bukanlah tempat kami melainkan perusahaan asal yang mempekerjakannya.
Akan terjadi benturan budaya/ value/ nilai-nilai yang berlaku antara perusahaan kami dengan tempat asalnya.

Supplier (keperluan sekolah) hanya boleh hadir di hari sabtu, saat anak-anak tidak berada di sekolah.
Ini kami lakukan agar anak-anak tak bersentuhan dengan selain guru mereka, menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Kawasan sekolah terpisah dengan level pendidikan yang lebih tinggi.
Saat ini kami masih memiliki level pendidikan usia dini dan sedang mempersiapkan untuk tingkatan pendidikan lanjut. Namun untuk SD dan seterusnya akan terpisah dari kawasan sekolah TK yang ada sekarang.

Seorang bapak bijak yang telah bertahun-tahun berpengalaman dalam usaha antar jemput anak sekolah pernah berpesan pada kami, bahwa anak-anak usia dini akan merasa tidak nyaman jika bertemu dengan level usia yang lebih tinggi dalam rentang waktu yang cukup intens dan lama. Sehingga sang bapak tak pernah menggabungkan anak usia TK dan SD dalam 1 mobil.

Bagian TERPENTING adalah, seluruh tim apapun jabatannya wajib mendapatkan Pelatihan/ Training RUTIN.
Pembekalan dan sharing untuk seluruh tim rutin kami jalankan setidaknya 2 kali dalam 1 bulan. Kami menyadari bahwa tim kami hanya manusia biasa yang bisa merasa lelah, emosi dan ‘galau’. Dari itu kami rutinkan untuk me-recharge hari dan jiwa untuk sama-sama mengingat kembali amanah yang sedang kami jalankan. Bagi kami pelatihan ini WAJIB. Tak peduli seberaa hebatnya skill seorang tim, jika ia tak hadir dalam training kami maka dianggap mengundurkan diri.

Ayah Bunda,
Adalah hal orang tua untuk mencari tahu tentang proses sekolah tempat anak kita dititipkan. Bangunan yang megah tak menjadi satu-satunya jaminan, semakin megah akan semakin mahal harganya. Yuk, Ayah Bunda lebih selektif dalam memilih tempat Ananda bersekolah baik usia dini maupun pendidikan lanjutannya.

Mohon doakan kami agar bisa konsisten bergerak menjadi TK terbaik di Pekanbaru dan TK terbaik di Palembang.

Silakan diShare/ dibagikan jika tulisan ini bermanfaat ya, Ayah Bunda…Terimakasih…

 

Comments

comments

Comments are closed.