BAHAYA BUDAYA OTORITER BAGI PERKEMBANGAN ANANDA

ALIFA KIDS HADIR SEPENUH HATI MENDAMPINGI TUMBUH KEMBANG ANANDA
29/11/2017
SEMINAR PARENTING Alifa Kids Pekanbaru (CERDAS FINANSIAL SEJAK DINI)
01/12/2017

Ayah Bunda,

 

Seringkali kita memberikan perintah kepada Ananda untuk tidak melakukan sesuatu yang dilarang ataupun memerintah melakukan suatu hal yang sesuai dengan keinginan kita sebagai orang dewasa.

 

Tepatkah  tindakan tersebut?

 

Ketika melakukan hal tersebut, pernahkah kita memberi kesempatan kepada Ananda untuk bertanya kenapa ada hal yang dilarang dan diperbolehkan?

 

Hal ini penting bagi Ananda, karena sejatinya anak usia dini memiliki ribuan pertanyaan di benaknya dan pertanyaan tersebut menuntut adanya jawaban yang dapat diterima logika melalui hal yang konkret dan mampu menstimulus proses berpikirnya.

 

Ananda usia dini tidak menyukai kata larangan seperti “tidak” atau “jangan”, serta perintah “cepat” dengan ekspresi yang tidak bersahabat. Tanpa disadari, bahkan Ananda justru dengan sengaja melakukan hal yang kita larang.

 

Penelitian menunjukkan bahwa semakin banyaknya larangan yang diterima Ananda dapat mempengaruhi sikapnya di kemudian hari.  Ananda dapat meniru kembali cara kita menolak permintaannya. Dampak buruknya, Ananda yang sering menerima kata larangan memiliki kemampuan bahasa yang kurang efektif dibandingkan Ananda yang sering menerima kalimat positif.

 

Jika demikian, pantaskah budaya memerintah pada Ananda diterapkan pada masa ini?

Jawabannya sudah pasti tidak karena memerintah hanya akan melahirkan mental diktator dan dampak dimasa mendatang Ananda akan tumbuh dengan rasa minder yang tinggi dan apatis terhadap lingkungannya. Karena apa yang mereka lakukan selama ini sudah terbiasa sebatas rasa takut dan perintah dari orang lain, bukan tumbuh melalui stimulus berpikir mendalam mengenai sebab akibat dari suatu tindakan.

 

Ayah Bunda,

Bukankah Allah SWT mengatakan bahwa hal yang paling utama ialah berpikir?

Karena sejatinya melalui proses berpikir mendalam akan melahirkan kesadaran seseorang sehingga membuat sikap selaras dengan kehendak sang maha pencipta (taat).

============

Ayah Bunda,

TK Alifa Kids telah membuka pendaftaran.

Dapatkan diskon sebesar 1.000.000 hanya sampai tanggal 15 Desember 2017.

Untuk memberikan kenyamanan bagi orang tua dan Ananda, kami juga memberikan gratis trial class (tes kelas) selama 3 hari (senin hingga jum’at). Ayah Bunda dapat mengamati bagaimana respon Ananda sebelum melakukan pembayaran uang pendaftaran sekolah.

 

Yuk, Ayah Bunda

Manfaatkan program diskon dan cicilan dari kami. Semoga program ini memberikan kemudahan bagi Ayah Bunda. Silakan dishare jika bermanfaat 🙂

 

Call Center :

TK Alifa Kids Pekanbaru | TK Alifa Kids Palembang (0823 9272 6000)

TK Alifa Kids Bandung (0812 2272 2226)

=============

Comments

comments

Comments are closed.