Belajar: Menyenangkan vs Menakutkan

Apakah Penyebabnya Kenakalan Remaja…?
06/05/2014
CARA MENDIDIK ANAK
19/05/2014

Ayah Bunda,

Masih segar berita tentang anak yang bunuh diri karena merasa gagal menyelesaikan ujian nasional. Kejadian ini sungguh menjadi pukulan bagi dunia pendidikan, rasanya berita ini bukan kali pertama. Ada apa sebenarnya yang salah dengan pendidikan kita…? Ah, sudahlah… mereka para pembuat kebijakan pendidikan di negara kita ini mestinya lebih paham.

Kami akan coba berbagi agar proses belajar tidak menjadi beban bagi anak-anak kita. Apa yang bisa dilakukan oleh orang tua dalam mendampingi ananda saat menimba ilmu.

Belajar: Menyenangkan vs Menakutkan

1. Orang tua perlu mengetahui tentang kekuatan/ potensi anak. Bahwa tidak semua anak sama, satu dengan yang lain memiliki potensi yang berbeda-beda, yang pasti setiap mereka adalah bibit jenius yang perlu kita dampingi. Buku terbaru Ayah Edy dapat dijadikan referensi/ panduan bagi ayah bunda.

2. Belajar tidak hanya sekedar mengubah tidak tahu menjadi tahu, namun lebih kepada mengajakan anak “memahami” apa yang ia pelajari. Sekedar mengetahui tak akan membuat anak mampu mengamalkan ilmunya, ia perlu paham atas apa yang ia pelajari.

3. Orang tua jangan hanya terjebak dengan angka atau nilai raport semata, nilai hanya representasi kecil dari kecerdasan seorang anak. Mereka tak pantas dijengkali hanya karena ujian yang beberapa saat saja. Kesempatan anak untuk sukses dan bahagia melebihi angka-angka yang tertera di nilai raport.

4. Proses pembelajaran mestinya membuat seorang anak merasa ketagihan, atau istilah Profesor Iwan Pranoto “Kasmaran” belajar. Jika mereka merasa tertekan, berarti ada yang salah dengan proses belajar. Tidak semua anak dapat diukur kehebatannya dengan menguasai pelajaran tertentu. Kesuksesan tak dikuasai oleh profesi tertentu, seseorang yang hobinya bermain musik pun bisa sukses.

5. Tujuan terpenting dari pendidikan adalah menjadikan seseorang menjadi bagian yang Terbaik dan Terhebat dari dirinya. Dengan kehebatan yang ia miliki diharapkan dapat berkontribusi untuk kebaikan semesta.
Semoga tips ini menjadi bahan renungan bagi Ayah Bunda, jika sekolah telah membebani anak dengan pelajaran yang tidak menyenangkan, setidaknya di rumah ia punya teman/ sahabat yang membuatnya bisa merasa nyaman: orang tuanya.

 

=====

Tips TK Terbaik di Pekanbaru || TK Terbaik di Palembang

Comments

comments

Comments are closed.