Berdo’a

Tips Untuk Ayah Bunda
27/07/2017
Di Mana Ada Minat, Di Sana Karya Mengikuti
29/07/2017

Ayah Bunda,

Tentunya setiap orang tua ingin mengoptimalkan kecerdasan Ananda secara menyeluruh, meliputi kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan tak kalah penting kecerdasan spiritual. salah satunya mengajarkan Ananda berdo’a sejak mereka masih dalam usia dini.

Dikarenakan fokus Ananda yang relatif lebih pendek, menjadi tantangan tersendiri bagi Ayah Bunda saat mengajak Ananda berdo’a.

Ternyata daya tangkap Ananda dimasa golden age cukup baik dalam menghafal, maka Ayah Bunda dapat mengajak Ananda berdoa melalui cara yang menyenangkan, tanpa paksaan, dan tentunya penerapan yang secara konsisten dilakukan.

Kita sebagai orang dewasa menjadi model ideal bagi Ananda dalam mengasah kecerdasan spiritualnya. Untuk itu, penting ya Ayah Bunda untuk mengajarkan cara berdoa melalui rutinitas sehari-hari. Tidak masalah jika Ananda menolak untuk berdo’a, namun dibutuhkan konsistensi Ayah Bunda untuk melanjutkan berdo’a di hadapan Ananda.

Ayah Bunda,
Berikut ini manfaat mengasah kecerdasan spiritual Ananda melalui kegiatan berdo’a :

1. Ananda belajar mengendalikan diri

Melalui kegiatan berdo’a, Ananda mampu membedakan kapan saat berdo’a dan kapan saat beraktivitas. Ananda juga memahami etika selama berdo’a, seperti bersikap tenang, menghargai kenyamanan, serta tidak bersuara keras saat berdo’a.

2. Meningkatkan kemampuan bahasa

Melalui kegiatan berdo’a, Ananda belajar merangkai kata membentuk kalimat do’a. Meningkatkan kemampuan daya ingat Ananda, serta belajar memahami makna do’a itu sendiri.

3. Mengasah kemampuan sosial dan personal Ananda

Pada saat Ananda berdo’a, Ananda diajarkan untuk mendo’akan hal baik untuk dirinya, orang lain, serta lingkungan di sekitarnya. Melalui kegiatan berdo’a Ananda juga mendapatkan pemahaman nilai-nilai kebaikan untuk membentuk karakter (akhlak) yang baik pada diri Ananda.

Ketika Ananda berhasil menerapkan do’a dalam keseharian, Jangan lupa untuk memberikan apresiasi terhadap proses yang mereka lalui ya, Ayah Bunda 😊

Semoga tips di atas dapat bermanfaat ya, Ayah Bunda.

Comments

comments

Comments are closed.