BERKARYA MELALUI SIKAP EMPATI

PERCAYA DIRI ADALAH KUNCI ANANDA MAMPU BERKARYA
04/08/2017
Melatih Imajinasi Ananda Melalui Kegiatan Role Play
05/08/2017

Ayah Bunda,

Mendampingi Ananda tidak selalu terpaku pada besarnya pencapaian perubahan pada diri Ananda, namun ada hal yang lebih penting yaitu bagaimana Ananda dapat tumbuh menjadi pribadi yang mampu membawa perubahan positif di sekitar mereka.

Tahukah Ayah Bunda?

Bahwa ide kreatif yang dilandasi empati mampu menghasilkan karya yang sangat bermanfaat bagi orang di sekelilingnya ?

Karena dengan memperhatikan sekeliling dan kebutuhan orang lain dapat ia wujudkan melalui kegiatan berkarya.

Sesederhana ketika Ananda mampu menciptakan bola dari gumpalan kertas yang ia buat agar dapat digunakan untuk bermain bola bersama teman-temannya.

Ayah Bunda,

Darimanakah ide tersebut berawal?

Yah,  dari sikap empati yang ia peroleh dari kepekaan terhadap kebutuhan di sekitarnya.

Untuk itu, agar Ananda mampu menghasilkan karya yang bermakna tidak hanya sekedar melatih aspek pengetahuan saja, namun bagaimana Ananda melalui proses belajar bisa mencapai kebermaknaan.

Tentu saja menumbuhkan sikap empati dalam diri Ananda membutuhkan keselarasan antara peran Ayah Bunda dan lingkungan sekolah untuk mengajak Ananda lebih sering mengamati apa yang sedang terjadi di sekeliling mereka.

Melalui sikap empati, yaitu kemauan Ananda untuk peka terhadap kebutuhan orang di sekitar dapat dimulai dari hal kecil seperti  mau mendengarkan, peka terhadap perasaan orang lain, atau hal-hal yang dekat dengan dunia Ananda, seperti membuang sampah di tempatnya.

Ketika kelak Ananda mampu menghasilkan sebuah karya, Ayah Bunda dapat membangun obrolan reflektif bersama Ananda bahwa yang membuat kegiatan karya menjadi lebibermakna ialah ketika orang lain dapat merasakan dampak positif dari hasil belajar yang ia peroleh.

Siapkah Ayah Bunda memfasilitasi Ananda untuk peka pada kebutuhan orang lain dalam berkarya?

Comments

comments

Comments are closed.