DOSA yang Mungkin Dilakukan Orang Tua kepada Anaknya

Mendidik dengan Kasih Sayang |Info Pendaftaran Sekolah
10/03/2015
PENYEBAB SULITNYA MENDIDIK ANAK
19/03/2015

Ayah Bunda,

Hari minggu kemarin Alifa Kids mengadakan seminar Parenting ESQ yang dihadiri oleh sebagian besar orang tua TK Alifa Kids Pekanbaru. Sebuah kebanggaan yang patut kami syukuri dengan adanya peran aktif orang tua yang terbuka dan mau belajar memperbaiki diri agar mampu mendidik Ananda dengan cara yang tepat.

 

TK di Pekanbaru | TK di Palembang | Parenting Anak

 

Berikut uraian singkat yang dapat kami ceritakan kembali dari isi Seminar Parenting ESQ kemarin.

1. Setiap anak memiliki MODAL besar dari Tuhan agar ia menjadi manusia terbaik di muka bumi. Namun modal ini yang kadang tak mampu dilihat oleh orang tua karena merasa paling tau, merasa paling pintar tak mau berempati kepada anak.

 

2. Anak yang lahir memiliki bekal berupa milyaran neuron yang siap untuk disambungkan. Selama ia bertumbuh, belajar dan dididik maka neuron tersebut akan tersambung sempurna hingga usia balighnya. Namun yang sering terjadi adalah lingkungan dan orang tua sering membuat proses sambungan tersebut gagal dan bahkan putus. Dibutuhkan 30 tahun untuk bisa tersambung kembali….

 

3. Gagalnya seorang anak menjadi pribadi yang sukses (terputusnya neuron-neuron) diakibatkan karena adanya tekanan/ bentakan dan tiadanya rasa EMPATI dari orang tua terhadap anak.

 

4. Anak yang kurang mendapat empati dan kasih sayang pada titik ekstrem bahkan mampu mengakibatkannya menjadi seorang penjahat….

 

5. Kesuksesan seseorang ditentukan oleh 80% Attitude dan 20% Skill & Pengetahuan. Namun yang selama ini sering dipaksakan kepada anak adalah yang 20% nya saja. Hasilnya, lahirlah anak-anak pintar namun berperilaku buruk.

 

6. Kenapa kita perlu menjadi orang tua terbaik dalam mendidik anak…? Ini pertanyaan penting yang perlu Ayah Bunda renungkan dan rasakan… Bukankah anak dititipkan oleh Tuhan sebagai Amanah yang kelak akan dimintakan pertanggungjawabannya di depan Tuhan…? Apakah kita sudah sanggup untuk memberikan jawaban kelak….?

 

Ayah Bunda…

Jika kelak Ananda dewasa, apa kira-kira yang akan ia ceritakan tentang orang tuanya…?

Sosok yang mengerikan, senang memaksakan kehendak, membentak, memanjakannya dengan materi…? ataukah sosok yang mencintai yang pandai berempati dan memberikan kasih sayang dengan cara yang benar…?

Apakah mereka kelak akan berterimakasih kepada kita…?

Ataukah mengumpat dan berteriak bahwa : “Kalian GAGAL mendidik saya!”

Di seminar kemarin kami juga diceritakan tentang kisah nyata, bagaimana seorang ibu memukuli anaknya hingga sang anak tak bernyawa lagi hanya karena sang anak menulis dengan lipstik mahalnya… Sang ibu menyesal, ternyata yang ditulis anaknya adalah “Aku mencintaimu ibu”….

 

Ayah Bunda,

Anak-anak kita bukanlah orang dewasa yang bertubuh mungil… mereka juga belum pernah mengalami proses menjadi dewasa… Jadi, apakah kita sebagai orang tua yang meminta pengertian mereka, ataukah kita sebagai orang tua (yang dahulu pernah kanak-kanak) yang bersedia memahami mereka..

Semoga resume ini bisa menjadi bahan kita untuk merenung dan merasa-rasakan kembali hakikat/ makna menjadi orang tua…

 

Untuk Ayah Bunda yang kemarin sudah ikut seminar dan ingin melanjutkan ke seri one day training (training 1 hari), InsyaAllah akan kami adakan bulan Mei 2015 dan segera diinfokan oleh kepala sekolah di masing-masing cabang Alifa Kids.

=========

Tips Parenting | Parenting Anak | TK di Pekanbaru | TK di Palembang

Comments

comments

Comments are closed.