DUNIA ANAK ADALAH DUNIA BERMAIN

NAUFAL YANG ENERGIK & HOBI BERNYANYI
25/07/2017
Kemandirian Ananda Dalam Problem Solving
26/07/2017

Ayah Bunda,

Belajar sambil bermain adalah metode belajar paling efektif. Karena melalui metode ini Ananda menjadi lebih aktif dan kreatif dan tentunya melalui proses bermain yang bermakna.

Berikut ini manfaat belajar sambil bermain :

1. Ananda mendapat pengetahuan melalui proses berjalannya permainan, seperti memahami konsep dan ide baru dalam belajar.

2. Ananda mendapat kesempatan berekplorasi untuk memperkuat hal yang sudah ia ketahui dan menemukan hal-hal baru, bermain bermakna merupakan jembatan bagi perkembangan semua aspek potensi Ananda baik potensi fisik, intelektual, maupun spiritual.

3.Melalui permainan bermakna, Ananda bisa mempelajari beberapa keterampilan penting, seperti keterampilan berpikir kritis, team work, kreatifitas dan sportivitas.

4. Memberikan kesempatan Ananda untuk saling berinteraksi dan berkolaborasi. Karena dengan permainan dapat menfokuskan perhatian Ananda dan mengikutsertakan mereka ke dalam proses belajar yang aktif.

5. Melalui permainan bermakna, dapat menjadi salah satu faktor penguat memori Ananda. Pada saat bermain, Ananda akan banyak melewati momen yang menyenangkan. Dengan membuat variasi jenis permainan yang diberikan, stimulus yang diterima siswa juga akan bermacam-macam. hal tersebut menjadi salah satu faktor yang membuat mereka mudah mengingat materi tersebut.

Ayah Bunda,
Penting ya bagi kita untuk mengetahui kebutuhan dasar setiap Ananda, salah satunya bermain. Ketika kita sadar bahwa bermain adalah suatu kebutuhan Ananda. kita dapat memfasilitasi cara belajar Ananda yang menyenangkan dan bermakna bagi dirinya.

 

Comments

comments

Comments are closed.