Jika Anak Suka Menyalahkan Orang Lain

Mendidik Anak Laki-laki Pandai Berempati
16/09/2014
Event : Seminar Keluarga di Pekanbaru
16/12/2014

Ayah Bunda,
Pernahkan menerima pengaduan ananda setelah ia menghadapi sebuah persoalan…? Mungkin tentang berebut mainan dengan teman, tentang peralatan tulisnya yang hilang, atau ketika ia terjatuh karena hilang keseimbangan…
TK di Pekanbaru || TK di Palembang ||menyalahkan
Bagaimana reaksi Ayah Bunda biasanya…? apakah langsung tertuju pada temannya yang dianggap usil, tertuju pada si mbak yang tidak telaten merapikan perlengkapan tulisnya atau tertuju pada lantai yang licin sehingga ia terjatuh…? Reaksi orang tua ini akan sangat berpengaruh kepada cara berpikir dan bertindak ananda bahkan hingga ia besar nanti.

Anak yang biasa diajarkan untuk menyalahkan orang lain/ faktor lain justru kelak akan mudah mencari kambing hitam saat ia mendapat masalah. Ia kehilangan kemampuan dalam mengevaluasi dirinya sendiri. Masalah kecil hingga besar akan mengakibatkannya mudah marah dan membenci orang lain, bahkan membenci orang tuanya atau pasangannya sendiri kelak.

Bukan berarti kita ingin ananda senang mempersalahkan diri sendiri, bukan juga Ayah Bunda menjadi orang tua yang langsung memarahi ananda saat ia mendapat masalah… Namun dalam hal ini yang diperlukan adalah bantuan dari orang tua, yakni:

“Kemampuan untuk mendengarkan masalah yang sedang ia ceritakan, lalu berikan ia pertanyaan tentang kenapa hal itu bisa terjadi…? tanyakan lagi apa yang ananda perbuat…? dan terakhir tanyakan apa solusinya menurut ananda..?”

Kita melatih anak agar ia mampu berpikir lebih mendalam tentang kejadian sederhana dan yang terpenting adalah mampu mencari solusi tanpa harus saling menyalahkan.

Contoh kejadian sederhana misalnya saat ia memberitahu bahwa pensilnya hilang.
Ananda : Pensilku manaaa…? koq hilang ya….?
Ayah/ Bunda : Adek simpan dimana biasanya..?
Ananda : Ga tau, mungkin mbak nih yang letak sembarangan.
Ayah/ Bunda : Itukan pensil adek, kenapa mbak yang salah…?
Ananda : Aku ga tau nyimpannya dimana..
Ayah/ Bunda : Berarti Adek perlu belajar menjaga milik sendiri…
Ananda : Jadi gimana donk, bunda…?
Ayah/ Bunda : Menurut adek, gimana supaya pensilnya ga hilang lagi..?
Ananda : Aku simpan di kotak pink ini aja deh, nanti aku letak di meja kamar
Ayah/ Bunda : Kalau adek suka simpan disana bagus donk.. Tapi kalau nanti adek kelupaan apa Ayah dan Bunda boleh mengingatkan…?
Biasanya anak akan senang jika mendapatkan bantuan kecil dari orang tuanya, ia senang diingatkan tanpa direndahkan harga dirinya…

Ayah Bunda…
Kejadian kecil ini akan memiliki dampak yang berbeda jika reaksi orang tua saat itu adalah ikut berteriak memanggil mbak yang biasa merapikan kamar ananda. Anak akan berpikir bahwa jika ada malsalah segeralah cari orang lain dan salahkan orang lain. Ananda menjadi tak terlatih berpikir dan mengevaluasi dirinya..

Semoga tips sederhana ini bermanfaat ya, Ayah Bunda..

=====
Tips Parenting : TK di Pekanbaru | TK di Palembang

Comments

comments

Comments are closed.