Kebebasan Berfikir Melalui Refleksi Pembelajaran

HARAPAN DUNIA TANPA BULLYING
12/09/2017
BELAJAR BERSAMA TEMAN SEJAWAT
13/09/2017

Ayah Bunda,

Ketika Ananda berdiri dihadapan cermin, seketika Ananda dapat melihat bayangan diri Ananda yang terpantul pada cermin tersebut. Ananda dapat melihat seperti apa bentuk tubuhnya, gerakan-gerakan yang dilakukan, rapi atau tidak dirinya ketika berpakaian, bahkan sesuai atau tidaknya pakaian dengan warna yang Ia kenakan. Dengan kata lain, bercermin atau refleksi diri akan menumbuhkan kebiasan berfikir, melatih jiwa yang kritis, dan mampu mengenali diri dan lingkungan dengan baik melalui melihat apa yang ada pada dirinya.

Refleksi juga memberi ruang bagi Ananda untuk mengekspresikan diri dengan pemikiran mereka. Dalam hal ini, Charlotte berpendapat bahwa kehadiran orangtua dan guru hanya sebagai fasilitator yang bersifat masterly inactivity, dimana seharusnya orangtua dan guru memahami kapan waktunya dibutuhkan dalam memberikan saran dan arahan kepada Ananda.

Pengulangan materi pembelajaran melalui metode ceramah hanya akan mengintervensi pemikiran Ananda sehingga refleksi disini memiliki tujuan agar pengulangan proses tersebut terjadi melalui observasi dan eksplorasi dengan memperhatikan dan menafsirkan apa yang Ananda lakukan ketika proses pembelajaran berlangsung, memberi umpan balik seperti pertanyaan-pertanyaan bermakna, dan menghubungkan pembelajaran saat ini dengan pembelajaran berikutnya.

==============

Ayah Bunda,

TK Alifa Kids telah membuka pendaftaran.

Untuk memberikan kenyamanan bagi orang tua dan Ananda, kami juga memberikan GRATIS TRIAL CLASS (tes kelas) selama 3 hari (senin hingga jum’at). Ayah Bunda dapat mengamati bagaimana respon Ananda sebelum melakukan pembayaran uang pendaftaran sekolah.

 

Yuk, Ayah Bunda

Manfaatkan program DISKON dan Cicilan dari kami. Semoga program ini memberikan kemudahan bagi Ayah Bunda. Silakan dishare jika bermanfaat  🙂

Call Center : 0823 9272 6000

————————————————–

Comments

comments

Comments are closed.