Kebiasaan Meluangkan Waktu Khusus Bersama

Nadhif Ananda Cool yang Amanah
24/04/2017
Menumbuhkan Keinginan Bertanya Pada Ananda
21/05/2017

Ayah Bunda, selain para Ayah, banyak juga para Ibu yang perlu bekerja untuk memenuhi tuntutan zaman. Bunda berperan sebagai wanita karier dan juga menjadi ibu profesional. Dibutuhkan usaha kerjasama Ayah-Bunda untuk membangun kedekatan dengan ananda, tidak terkecuali bagi ibu bekerja. Kualitas kedekatan hubungan tidak tercapai tanpa adanya interaksi. Ayah Bunda perlu meluangkan waktu khusus untuk berinteraksi dengan ananda sepenuhnya. Baik sepenuh hati, sepenuh pikiran,dan sepenuh tubuh.

Pernahkah Ayah Bunda mengalami berada disuatu ruangan yang sama tapi sibuk melakukan kegiatan sendiri-sendiri. Misalnya, ketika berada diruang makan sedang makan malam bersama tapi masing-masing sibuk dengan gadgetnya tidak ada interaksi. Ayah Bunda dekat secara fisik dengan ananda. Kebiasaan meluangkan waktu khusus untuk melakukan interaksi yang sensitif pada kebutuhan ananda, dengan demikian ananda akan merasa spesial dan merasa menjadi bagian penting. Kebiasaan meluangkan waktu khusus ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan, kesukaan, dan kebiasaan orang tua dan anak.

Ada yang meluangkan waktu khusus bersama anaknya untuk makan bersama, pergi ke supermarket dekat rumah, membaca buku, bercerita, dll. Intinya apapun kegiatannya walau hanya dalam waktu sebentar tapi terjadi interaksi dan Ayah Bunda hadir secara utuh, sepenuh pikir,hati,dan fisik untuk ananda. Tentunya ananda akan senang dengan moment ini dan selalu menantikan momen menyenangkan ini.

Ada seorang Bunda yang kebiasaan meluangkan waktu khusus dengan ananda untuk membaca buku bersama, setiap malam jam 7-8 malam, mereka bergantian bercerita tentang isi bacaan jika sesuai dengan isi bacaannya dan ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu ananda setiap hari. Ketika sebelum waktu membacakan buku ini bunda masih sibuk mengerjakan sesuatu dan ananda rewel minta perhatian Bunda.

Bunda dengan tegas tapi tetap dengan nada lembut menyampaikan kepada ananda “sayang, maaf bunda masih sibuk mengerjakan ini, bunda tahu perasaanmu ingin sama bunda sekarang, bunda yakin sayang bunda bisa menunggu sebentar lagi” ananda akan ingat waktu khususnya bersama bunda dan ananda pun menjadi mau menunggu dengan tenang.

Begitu pula sebaliknya, saat sudah waktunya melakukan suatu kebiasaan tertentu pada waktu khusus bersama ananda tapi Ayah Bunda masih sibuk melakukan hal lain, maka akan ada rasa kangen, kepikiran, atau pertanyaan yag muncul tiba-tiba “biasanya kalau jam segini saya bermain bersama anak dirumah”. Sebenarnya hal ini sebagai alarm yang mengingatkan Ayah Bunda untuk memprioritaskan ananda pada waktu khusus yang telah menjadi kebiasaan dalam keseharian.

#CintaYangBerdaya
#KarakterALIFA

Comments

comments

Comments are closed.