Kemandirian Ananda Dalam Problem Solving

DUNIA ANAK ADALAH DUNIA BERMAIN
25/07/2017
Memfasilitasi Kemandirian Anak
26/07/2017

Ayah Bunda, kita sadari bahwa banyak hal serba cepat dan instan sekarang ini. Contohnya : makanan cepat saji, informasi yang cepat didapat melalui internet, dll. Sebagai pendidikpun (orang tua, guru), kita kadang menginginkan yang cepat dan instan dalam proses belajar Ananda.

Salah satu contohnya : saat Ananda sedang mempertimbangkan pemecahan masalah, kita sebagai pendidik kurang sabar menunggu proses berpikir versi Ananda. Dengan tergesa lantas membantu Ananda agar mendapatkan hasil lebih cepat. Padahal proses pemecahan masalah merupakan proses belajarnya Ananda, yang nantinya akan timbul inisiatif pada diri Ananda untuk mau berpikir kritis dan kreatif versinya.

Pemberian kesempatan pada Ananda, dalam memecahkan masalah melalui proses memilih dan mengambil keputusan akan membantu Ananda menjadi individu yang kritis, kreatif dan bertanggungjawab.

Kunci untuk mengembangkan kemampuan Ananda dalam memecahkan masalah adalah dengan memberikan harga diri dan cinta yang berdaya. Ananda yang dapat mencintai dan menghargai dirinya sendiri akan cukup peduli saat menentukan pilihan-pilihan terbaik dalam mengambil keputusan untuk pemecahan masalah kesehariannya.

Comments

comments

Comments are closed.