KETIKA JIWA SEDANG BERJANJI PADA ALLAH SWT (Manasik Haji Bukan Sekedar Ritual)

Curahan Gagasan Ananda
14/09/2017
BELAJAR LEWAT BERMAIN
15/09/2017

Ayah Bunda,

Hari ini, Ananda  TK Alifa Kids Bandung melaksanakan kegiatan Manasik Haji.

Tujuan dari kegiatan ini tidak hanya sekedar memperkenalkan tata cara pelaksanaan haji dan mengajarkan kecintaan kepada Allah sejak dini. Namun Ananda juga diberikan pemahaman serta pemaknaan agar Ananda memahami setiap ritual yang mereka lakukan, bahwa  setiap rukun haji berisikan janji kepada Allah SWT.

Rangkaian kegiatan ini dimulai dari Thawaf. Allah ingin mengingatkan kita bahwa selama hidup di dunia jiwa kita hanya dalam kecintaan pada Allah dan berjanji hanya akan ada Allah di dalam kalbu kita.

Kemudian dilanjutkan dengan Sa’i yaitu berlari kecil dari bukit Syafa menuju Marwah. Allah mengajarkan agar kita tidak mudah putus asa dan selalu bersungguh – sungguh dengan niat karena Allah, kita berjanji akan berikhtiar sempurna selama jiwa dan jasad masih menyatu.

Sesi selanjutnya Ananda melakukan wukuf di Arafah. Dalam wukuf ini memiliki makna agar kita mengistirahatkan diri kita dari segala aktivitas duniawi sambil merenung kembali, mengenal diri dan memohon ampunan kepada Allah. Berjanji akan senantiasa berpikir dan merenungi tujuan hidup kita di dunia.

Sesi terakhir yaitu melontar jumroh.

Ananda diberikan pemahaman bahwa setiap diri kita memiliki sifat buruk, dan di sini Ananda diajak untuk menaklukan sifat buruk yang ada dalam diri sendiri dan berjanji akan membuang sifat buruk dalam diri. Dan tahallul, yang bermakna bahwa kita berjanji meminta bantuan kepada orang lain untuk memeriksa keburukan diri dan memperbaikinya.

Semoga serangkaian pelaksanaan manasik haji yang telah Ananda lakukan dapat memberikan pemahaman dan kesadaran akan janji kita kepada Allah, karena janji ini yang senantiasa menjaga agar hari ini dan di masa mendatang jiwa Ananda selalu dalam koridor ketaatan kepada Allah.

Karena sejatinya tujuan puncak manusia ialah ketentraman di dunia dan akhirat surga yang diperoleh hanya dengan ketaatan. Karena tak satupun jiwa yang tentram di dunia dan fokus meraih surga akan sanggup berbuat kerusakan di muka bumi.

Ayah Bunda, institusi pendidikan sejatinya melahirkan jiwa yang menjaga dunia bukan yang merusak dunia.

==============
Ayah Bunda,
TK Alifa Kids telah membuka pendaftaran.
Untuk memberikan kenyamanan bagi orang tua dan Ananda, kami juga memberikan GRATIS TRIAL CLASS (tes kelas) selama 3 hari (senin hingga jum’at). Ayah Bunda dapat mengamati bagaimana respon Ananda sebelum melakukan pembayaran uang pendaftaran sekolah.

Yuk, Ayah Bunda
Manfaatkan program DISKON dan Cicilan dari kami. Semoga program ini memberikan kemudahan bagi Ayah Bunda. Silakan dishare jika bermanfaat 🙂

Call Center : 0823 9272 6000
————————————————–

Comments

comments

Comments are closed.