KURIKULUM dan PROGRAM

Ayah Bunda,

Alifa Kids hadir mempersiapkan anak usia dini agar memiliki kompetensi yang berguna untuk mereka hari ini dan di masa mendatang melalui proses belajar yang Bermakna + Terpadu + Konkrit.

 

Dimana seluruh rangkaian proses belajar yang tertuang dalam Alifa Kids Circle Curriculum fokus pada stimulus yang menumbuhkan karakter A.L.I.F.A (Amanah, Loyal pada Allah SWT, Inisiatif, Fathonah dan Adil), dengan menstimulus potensi Ananda melalui pendekatan multiple intelligence (kecerdasan majemuk) yang pasti dimiliki oleh setiap Ananda.

 

Di Alifa Kids, kami memastikan setiap tim Alifa Kids mampu mendidik sesuai tahap tumbuh kembang anak, namun tak kalah penting memastikan setiap tim Alifa Kids mampu mendidik dengan Cinta yang Berdaya untuk Ananda.

 

Kami percaya bahwa hasil yang dicapai Ananda tak ada artinya jika proses bertumbuh yang mereka lalui dipenuhi ketidaknyamanan dan keterpaksaan serta miskin kasih sayang.

 

Karena ketika Ananda mendapatkan cinta yang berdaya maka ia akan mampu mencintai dan menyayangi sesama. Karena mendidik tak sebatas mencerdaskan akal namun juga mencerdaskan hati.

 

Ayah Bunda,

Tujuan pendidikan Ananda tidak akan tercapai jika dilakukan oleh satu pihak saja. Untuk itu Alifa Kids hadir dengan konsep 3 pilar ( 3 pihak belajar) yaitu Anak, Guru dan Orangtua.

 

Selain Ananda dan guru yang turut belajar, Alifa Kids menfasilitasi para orangtua untuk bersedia bertumbuh. Karena mendidik Ananda memerlukan keselarasan pemahaman dan kesadaran agar Ananda mendapatkan perlakuan yang sama, baik di sekolah maupun di rumah.

 

Pada akhirnya, cita-cita besar untuk melahirkan pribadi A.L.I.F.A pada diri Ananda dapat terwujud.

 

Ayah Bunda,

Alifa Kids memiliki program unggulan Full Day (dan Half Day) untuk usia 1,5 tahun hingga 6 tahun, sebagai upaya dalam memberikan solusi kepada orangtua  selama mereka beraktifitas. Program ini diinspirasi dari konsep education center di beberapa negara di Eropa.

 

Full Day Program kami pilih karena meyakini bahwa proses mendidik bukanlah proses yang sesekali dan berjalan dalam waktu singkat apalagi tergesa-gesa, melainkan perlu proses panjang dan konsisten. Sehingga kami mempersiapkan rangkaian kegiatan belajar dan bermain yang dapat menjaga benih kehidupan ini agar potensi baik dari dalam dirinya tidak hilang, dan tentunya sesuai dengan tahap tumbuh kembang anak.

 

Sebagai pendidik (orangtua & guru) perlu memastikan bahwa Ananda berada dalam lingkungan yang kondusif dan pola asuh yang tepat.

 

Mendidik Ananda dengan pola asuh yang tidak sesuai dengan tahap tumbuh kembang anak serta membiarkan Ananda seharian dengan kegiatan yang tidak mendidik (games dan televisi)  tak hanya berpengaruh bagi pengetahuan dan fisiknya, namun juga menghambat kematangan emosi dan sosial Ananda karena tak dilatih untuk berinteraksi dengan lingkungan sebaya. Untuk itu, Full day program bisa menjadi solusi bagi Ayah Bunda dalam mendampingi proses tumbuh kembang Ananda.

 

Tingkatan Kelas

 

Toddler : Usia 1,5 tahun hingga 3 tahun

 

Playgroup : Usia 3 tahun hingga 4 tahun

 

TK A : Usia 4 tahun hingga 5 tahun

 

TK B : Usia 5 tahun hingga 6 tahun