Latihan Pengambilan Keputusan Untuk Ananda

Salah Kaprah dalam Pengembangan Diri Guru
14/08/2017
Pembentukan Karakter
15/08/2017

Ayah Bunda,

Pernahkah merasa khawatir kepada Ananda dan menginginkan segalanya berjalan baik tanpa cela?

Namun, pernahkah timbul pertanyaan “apakah dengan melakukan ini Ananda akan merasa nyaman?”

Ayah Bunda,

Seperti halnya orang dewasa, Ananda juga memiliki keinginan yang sama seperti keinginan didengarkan, dipahami, diperhatikan, keinginan diterima, serta keinginan disayang dan dihargai. Ketika keinginan Ananda dipahami Ananda akan mampu untuk menggali potensi yang ada pada dirinya. Ananda jadi mampu untuk memahami orang lain juga, mampu bekerjasama dengan orang lain, dan mampu belajar untuk mengembangkan kemampuannya.

Ayah Bunda,

Siapakah yang berperan memutuskan apa yang akan dilakukan Ananda seharian sejak bangun tidur, Ananda akan makan buah apa hari ini, Ananda akan memakai tas dan sepatu apa ke sekolah?

Bayangkan jika Ayah Bunda yang selalu menentukan segalanya untuk Ananda. Padahal Ananda mungkin tidak menyetujuinya dengan mengatakan secara verbal atau melalui ekspresi seperti cemberut, menangis, dll. Sehingga Ananda pun menjadi tidak berani mengatakan apa yang diinginkannya karena Ananda selalu diatur dan yang memutuskan segalanya adalah orangtua.

Kebiasaan ingin selalu memperbaiki keadaan yang menurut orangtua tidak baik, tanpa menanyakan kepada Ananda apa yang sebenarnya diinginkan Ananda, apalagi untuk memahami perasaan Ananda.

Jika pendidik (baik orang tua dan guru) hanya memberikan pendapat atau dukungan dengan versinya tanpa bertanya pada Ananda, hal ini akan berdampak negatif pada diri Ananda. Untuk itu, Ananda perlu diberi kesempatan dan berlatih memutuskan dalam kesehariannya. Ayah Bunda perlu memahami emosi ananda, membiarkan Ananda yang memutuskan memberikan dukungan atas keputusan Ananda.

Dengan begitu, Ananda akan mempunyai kebernaian, percaya diri untuk mencoba, memilih, dan memutuskan.

 

==============

Ayah Bunda,

TK Alifa Kids telah membuka pendaftaran.

Untuk memberikan kenyamanan bagi orang tua dan Ananda, kami juga memberikan GRATIS TRIAL CLASS (tes kelas) selama 3 hari (senin hingga jum’at). Ayah Bunda dapat mengamati bagaimana respon Ananda sebelum melakukan pembayaran uang pendaftaran sekolah.

Yuk, Ayah Bunda

Manfaatkan program DISKON dan Cicilan dari kami. Semoga program ini memberikan kemudahan bagi Ayah Bunda. Silakan dishare jika bermanfaat 😊

 

Call Center : 0823 9272 6000

————————————————–

Comments

comments

Comments are closed.