Luka Batin Masa Kecil

Happy Full Day Program
11/09/2014
Mendidik Anak Laki-laki Pandai Berempati
16/09/2014

Dalam sebuah sesi training emotional healing therapy (bersama @irmasoulhealer) yang diikuti oleh bunda-bunda tim Alifa Kids, kami diajak untuk membenahi emosi negatif yang mungkin selama ini dipendam atau ditekan, sehingga tanpa disadari akhirnya berbuah pada sikap murung bahkan emosional (sedih/ marah) yang tak terkendali.

luka batin

Pada sesi tersebut juga diikuti oleh peserta umum. Diakhir training kami saling bercerita tentang betapa kagetnya bahwa selama ini sedih tanpa disadari oleh hal-hal yang telah puluhan tahun lalu kami alami.

Salah satu peserta membagi ceritanya bahwa saat usia kanak-kanak, ibunya pernah berbohong, yang mungkin pada saat itu sang ibu berbohong untuk kebaikan anaknya. Namun ternyata sang anak memahami bahwa ibunya berbohong dan ia kecewa kenapa ia dibohongi. Saat usia kanak-kanak tersebut, sang ayah terpaksa berhenti dari pekerjaan karena masalah internal perusahaan. Namun sang ibu memberikan alasan bahwa ayah berhenti dikarenakan masa pensiun dini. Sang anak berpikir keras, kenapa ayah teman-temannya yang seumuran dengan ayah masih tetap bekerja…?

Karena tak berani bertanya langsung pada ibu, sang anak menduga-duga barangkali ayah berhenti bekerja karena kesalahan ayah, kehidupan mereka pun menjadi tak sebaik sebelumnya. Mulai saat itu juga ia langsung kehilangan kepercayaan diri, minder, kaku dalam bergaul dan tak menonjol dalam kehidupan sekolah hingga karirnya bahkan cenderung lemah…

Ayah Bunda…
Betapa kesalahan kecil dapat berakibat panjang bagi masa depan seorang anak… Mungkin dalam proses bertumbuhnya Ananda, ada hal-hal yang terjadi dalam keluarga…. Apapun keadaannya, akan lebih baik jika orang tua semaksimal mungkin bicara jujur dan dengan bahasa yang sederhana. Kita tentu menginginkan masa depan yang terbaik bagi Ananda. Namun hal ini tak hanya dapat dipenuhi dengan menyekolahkan mereka. Komitmen orang tua dalam menjaga perkembangan Emosi anak adalah kuncinya.

Semoga cerita sederhana ini bermanfaat bagi Ayah Bunda…

======
Tips Parenting : TK di Pekanbaru | TK di Palembang

Comments

comments

Comments are closed.