Melatih Imajinasi Ananda Melalui Kegiatan Role Play

BERKARYA MELALUI SIKAP EMPATI
04/08/2017
Permainan Puzzle
05/08/2017

 

Ayah Bunda,

Kegiatan role play atau bermain peran seperti memainkan peran sebagai dokter, menjadi pembeli-pedagang yang melibatkan daya khayal adalah salah satu landasan kreativitas bagi dunia anak. Melalui role play dapat memacu imajinasi Ananda, termasuk segala macam objek yang setiap hari ada di sekitar Ananda.

Hal ini dikarenakan Ananda menggunakan objek sebagai lambang atau tanda. Bisa jadi Ananda dapat membentuk sepotong balok kayu menjadi sebuah perahu, beberapa panci dan wajan menjadi alat musik pukul.

Peran yang dimainkan Ananda juga dapat menggugah imajinasinya. Dalam role play, Ananda dapat menirukan berbagai peran, mencoba bermacam-macam pekerjaan dan identitas, dengan begitu Ananda bisa menjelajahi berbagai alur cerita. Kegiatan role play adalah permainan imajinasi yang dapat melatih Ananda dalam mengontrol diri dan perasaannya sebagaimana Ananda menjelaskan drama keseharian dan mempraktikan aturannya.

Ayah Bunda,

Coba kita amati, biasanya Ananda bermain berdampingan tanpa komunikasi yang jelas. Ananda mulai berinteraksi satu sama lain bersama temannya dengan cara membuat alur cerita. Ketika Ananda melakukan hal ini, sebenarnya Ananda belajar untuk berunding, bekerjasama, dan berbagi.

Comments

comments

Comments are closed.