MEMAHAMI PERASAAN ANANDA

Project Ananda Agar Memahami Proses Belajar
09/09/2017
KOLABOLASI DALAM MENYUSUN STRATEGI BELAJAR
10/09/2017

Bagaimana respon Ayah Bunda terhadap Ananda yang menangis?

Seringnya saat berada di ruang publik, melakukan cara-cara praktis agar Ananda berhenti menangis karena malu dilihat banyak orang, sehingga responnya dengan melarangnya menangis “sudah dong nak jangan nangis malu kan dilihatin banyak orang”.

Ingatkah Ayah Bunda, pada saat melihat bayi cara komunikasinya adalah dengan menangis atau tertawa?

Inilah fitrahnya dari sang Pencipta. Menangis adalah salah satu mekanisme penting untuk menghilangkan perasaan negatif/ emosi negatif. Sebagaimana halnya dengan tertawa, menangis adalah hal penting yang menjadi salah satu bagian dari fitrah sang Pencipta ya ayah Bunda.

Jika Ananda dan orang sekitarnya paham bahwa menangis merupakan sesuatu yang wajar, Ananda pun tidak akan menahan emosi negatifnya karena takut dimarahi atau diejek cengeng jika menangis. Karena emosi negatif akan menyebabkan timbul prilaku negatif. Prilaku negatif yang muncul ketika ananda dilarang menangis adalah Ananda jadi sering berteriak, memukul, mengamuk, berperilaku kasar dan berkata kasar, sehingga Ananda tidak bisa belajar untuk berempati pada orang lain.

Ayah Bunda, izinkan Ananda untuk menangis sebagai cara menyalurkan emosi negatifnya terlebih dahulu, kemudian Ayah Bunda bisa meredakannya dengan memberikan pelukan penuh cinta dan mendengarkan aktif cerita emosi negatifnya “sayang sedih ya…”. Hal yang serupa akan Ananda lakukan ketika melihat Ayah Bunda atau orang lain menangis.

Terkadang, sebagai orang dewasa kita pun malu untuk menangis didepan Ananda. Padahal Ananda perlu melihat orang dewasa menangis lalu beritahu Ananda mengapa Ayah Bunda menangis (misal:karena bersedih akan suatu hal yang menyedihkan).

 

==============

Ayah Bunda,

TK Alifa Kids telah membuka pendaftaran.

Untuk memberikan kenyamanan bagi orang tua dan Ananda, kami juga memberikan GRATIS TRIAL CLASS (tes kelas) selama 3 hari (senin hingga jum’at). Ayah Bunda dapat mengamati bagaimana respon Ananda sebelum melakukan pembayaran uang pendaftaran sekolah.

Yuk, Ayah Bunda

Manfaatkan program DISKON dan Cicilan dari kami. Semoga program ini memberikan kemudahan bagi Ayah Bunda. Silakan dishare jika bermanfaat  🙂

 

Call Center : 0823 9272 6000

————————————————–

Comments

comments

Comments are closed.