Membaca Buku Bersama Ananda

Menumbuhkan Bukan Mengendalikan
19/07/2017
Hobinya Apa ?
21/07/2017

Ayah Bunda seringkah membaca buku bersama ananda? Buku apa yang digemari ananda?

Kegiatan membaca buku bukan hanya sekedar membaca tulisan, tapi Ananda akan bercerita lebih banyak mengenai gambar-gambar yang dilihatnya dalam buku. Selain itu membeli buku diluar, Ayah Bunda bisa membuat buku cerita sendiri yang disesuaikan dengan pembelajaran yang sesuai dengan rasa ingin tahu ananda saat ini dan sesuaikan pula dengan usianya. Jika ananda senang dan produktif dalam menggambar, hasil gambarnya bisa dikumpulkan dan dijadikan sebuah buku cerita.

Kegiatan membaca buku bersama bisa membuka percakapan mengenai kejadian-kejadian penting dalam kehidupan ananda. Membacakan buku cerita bukan hanya bercerita tapi terjadi interaksi lainnya. Kegiatan ini menyenangkan bagi ananda.

Melalui kegiatan membaca buku, ananda dapat mengenal kosakata baru berdasarkan interaksi verbal juga dapat membantu ananda untuk mengembangkan kemampuan verbalnya.  Selain itu, ananda juga sedang menggunakan imajinasinya untuk menceritakan apa yang dilihatnya dari gambar yang ada dibuku, atau ketika membuat buku cerita dengan ide dan menggambarnya sendiri. Membaca buku dapat melatih fokus ananda dalam hal mendengar dan mengingat apa yang diceritakan. Perkembangan sosial juga tampak dari membaca buku bersama Ayah Bunda semakin melekatkan hubungan dengan ananda.

Kegiatan membaca buku untuk memperoleh pengetahuan dan menstimulasi perkembangan ananda melalui cara yang menyenangkan, ananda juga menikmati membaca sebagai suatu kebiasaan yang ditunggu-tunggu. Membaca buku bersama adalah kegiatan menyenangkan untuk ananda dan Ayah Bunda.

Comments

comments

Comments are closed.