Membangun Excitement dan Antusiasme Dalam Belajar Apapun Dengan Membebaskan Ananda Berkreasi Lewat Caranya

ANANDA YANG CURIOUS
22/08/2017
DIFFERENSIASI VS DISKRIMINASI
30/08/2017

Ayah Bunda,

Masih ingatkah saat masa-masa sekolah yang membosankan terutama saat pelajaran mencatat/ menulis saat diminta menulis sama persis dengan yang ditulis oleh guru dengan menggunakan pensil warna hitam (tidak boleh memakai pensil warna lain,apalagi jika memakai warna merah dianggap tidak sopan?) dan tidak boleh membuat gambar atau coretan lain di kertas tulis tersebut?

Padahal, bisa jadi gambar yang dibuat Ananda pada bagian kertas yang kosong pada area belajar menulis/mencatat itu merupakan ajang Ananda menuangkan kreativitasnya yang idenya sedang muncul saat Ananda belajar menulis/ mencatat huruf? Atau bahkan dapat meningkatkan excitement dan antusiasmenya dalam belajar menulis/ mencatat dengan mengizinkan Ananda menggambar sesuatu yang mungkin saja maksud maknanya sesuai dengan kata yang sedang ditulisnya pada bagian kertas yang masih kosong?

Ayah Bunda,

Saat Ananda menulis kata “baca” jika Ananda menggunakan pensil warna merah untuk huruf b, lalu warna biru untuk huruf a, lalu warna kuning untuk warna c, dan warna hijau untuk huruf a… kenapa tidak?

Belajar menulis dengan menggunakan warna dapat membuat Ananda menjadi lebih antusias dan senang, terutama saat Ananda boleh menulis dengan alat tulis warna terang/ cerah dapat menarik perhatian Ananda dan menstimulasi Ananda untuk semangat beraktifitas belajar.

Ayah Bunda,

Pernahkah mendengar kasus Doman seorang dokter bedah otak yang berhasil menyembuhkan orang-orang yang mengalami cidera otak dengan kartu-kartu kata yang ditulis dengan tinta warna merah? Adanya perkembangan pada otak pasiennya membuat ia ingin mencobanya kepada anak-anak, Doman juga merekomendasikan pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung dengan menggunakan warna-warna mencolok.

Ayah Bunda, masihkah Ananda belajar dengan cara-cara yang telah dikotak-kotakan, apakah dengan begitu Ananda menjadi antuasias dan senang saat belajar? Apakah kita masih menganggap bahwa kreativitas yang Ananda coba tuangkan dalam berbagai pelajaran yang sedang dipelajari yang bukan bidang seni merupakan hal yang keliru dan tidak berkaitan dengan apa yang sedang dipelajarinya?

Hal-hal kreatif yang disajikan dalam belajar dapat membangun excitement dan antusiasme Ananda saat mempelajari berbagai pelajaran. Ananda lebih antusias dan senang jika dalam setiap belajar pelajaran apapun Ananda boleh berkreasi sesuai kreativitasnya, sehingga pembelajaran menjadi lebih mudah diserap dan Ananda menganggap belajar itu menyenangkan bahkan terkadang muncul ide untuk membuat karya saat belajar. Kenapa tidak?

Comments

comments

Comments are closed.