Mendidik Anak Laki-laki Pandai Berempati

Luka Batin Masa Kecil
15/09/2014
Jika Anak Suka Menyalahkan Orang Lain
24/09/2014

Beberapa waktu minggu lalu kami menyimak kultwit (kuliah twitter) dari akun ibu @AnnaSurtiNina seorang Psikolog Anak dan Keluarga (silakan difollow ya, Ayah Bunda) tentang bagaimana mengajak seorang Ayah agar mau terlibat saat Ibu hamil, melahirkan dan ikut mengurusi bayi. Beliau berpesan bahwa kemampuan berempati seorang anak laki-laki kepada istrinya (kelak ) dipengaruhi oleh bagaimana ia dibesarkan.
TK di Pekanbaru | TK di Palembang | Empati
Bunda tentu merasakan bagaimana emosi dan keadaan fisik seorang ibu hamil dan menyusui. Merupakan sebuah project besar yang sedang dijalankan dan mustahil akan berjalan baik tanpa dukungan dari suami baik secara fisik maupun emosi. Misalnya, Ibu akan sangat terbantu jika ayah turut mengganti popok bayi, ikut menemani Ibu begadang menyusui bayi, dan ikut mencarikan keperluan saat ibu hamil dan menyusui.

Ternyata tidak mudah mendidik seorang anak laki-laki, ada batasan yang sering orang tua berikan kepada mereka, misalnya dianggap cengeng jika menangis. Anak laki-laki merasa serba salah dan akhirnya beranggapan bahwa pekerjaan/ sikap laki-laki sangat berbeda dengan perempuan.

Ayah Bunda tentu ingin agar nanti anak laki-laki menjadi suami dan sosok yang penyayang kepada istri dan keluarganya, bukan..? Berikut beberapa hal yang dapat orang tua latih kepada anak laki-laki usia dini:
1. Biarkan ananda terlibat dalam pekerjaan di rumah, misal meletakan piring kotor, membuang sampah, menjemur handuknya sendiri, dan lainnya.
2. Jika ia mengekspresikan emosinya dengan menangis, Ayah Bunda tidak perlu langsung menyuruhnya diam seolah-olah anak laki-laki tak pantas menangis. Menangis adalah cara seseorang melepaskan emosi dengan aman selama tidak berlebihan.
3. Ayah adalah sosok yang akan dicontoh olehnya nanti. Bagaimana Ayah memperlakukan ibu, demikian juga yang akan ia perbuat kelak. Jika yang ia lihat adalah sosok Ayah yang mau berperan dan tak memilih-milih pekerjaan dalam membantu istri, maka ia pun akan menjadi suami yang berempati kepada istri nantinya

Ayah Bunda, semoga kita semakin memahami bahwa kebahagiaan dan keharmonisan serta kesuksesan ananda dimasa depan sangat dipengaruhi oleh bagaimana proses ia dibersarkan. Sekali lagi, orang tua adalah role model/ teladan yang akan ia jadikan referensi dan ia contoh nantinya.

Semoga tips ringan ini bermanfaat ya, Ayah Bunda

===
Tips Parenting : TK di Pekanbaru | TK di Palembang

Comments

comments

Comments are closed.