MENDIDIK ANANDA SELAMA LIBURAN (Ke Luar Kota atau di Rumah Saja, Sama Serunya)

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Ayah Bunda,
Sepertinya hampir sebagian besar keluarga mengisi liburan akhir tahun dengan perjalanan ke berbagai destinasi wisata. Namun ada juga yang memutuskan liburan bersama keluarga di rumah saja.

Apapun pilihan liburannya, bukanlah hal yang utama.

Berbagai postingan sosial media tak perlu menjadi bahan yang mengganggu ketenangan jiwa ataupun menjadi ajang berlomba-lomba bahagia. Karena bahagia adalah urusan internal, bukan dipengaruhi suasana eksternal kan, Ayah Bunda…

Ada hal yang lebih ESENSIAL dalam menjalankan liburan keluarga kali ini, di mana pun atau apapun jenis kegiatan yang jadi pilihan. YAKNI, menjadikan sesi liburan sebagai KESEMPATAN MENDIDIK ANANDA.

🍓Berikut beberapa hal dan kesempatan yang bisa dijadikan sesi mendidik Ananda di sepanjang liburan :🍓

🤩 Latih ananda untuk patuh pada Antrian atau bergiliran.
Ketika akan memesan makanan, ketika akan masuk atau keluar lift atau ketika bermain bersama saudara/ sepupunya.

Ingatkan ananda terlebih dahulu sebelum terjadi ‘pelanggaran’ yha, Ayah Bunda…

🤩 Latih ananda untuk menjaga kebersihan.
Meski makan di suatu tempat atau penginap di penginapan yang ada pelayannya ataupun di rumah kerabat terutama nenek yang ingin memanjakan cucunya, tetap latih Ananda untuk menjaga kebersihan dan kerapihan tempat yang ia kunjungi.

“Yuk, kita rapikan sedikit piring makan ini”
“Nek, Adek sudah bisa beberes kamar tidur loh…”
“Siapa yang mau bantuin Ibu bawa piring kotor ke dapur…?”

Dan banyak lagi kesempatan mendidik kemandirian yha, Ayah Bunda.

🤩 Menghidupkan empati dan cinta kasih.
Pastinya ananda akan bertemu dengan sosok-sosok yang hidupnya tak seberuntung dirinya. Jadikan kesempatan ini untuk melatih keindahan jiwanya yha, Ayah Bunda. Dengan aksi sederhana seperti berbagi makanan dan lainnya.

🤩 Melatih kepekaan pada alam dan lingkungan.
Akan sangat baik jika liburan ananda diajak berjalan-jalan ke alam yang tentunya masih alami (bukan buatan). Membantunya berelasi dengan alam. Mengamati hasil karya Tuhan dan bercakap-cakap tentang apa yang bisa dilakukan agar ciptaanNya dirawat dan tak dirusak hanya untuk kesenangan manusia belaka.

🤩 Rutin membacakan cerita bergizi
Liburan bukan berarti berhenti mengisi akalbudi loh, Ayah Bunda…
Jika ingin Ananda cepat bisa di akademik, maka pondasinya butuh dibangun dari keluarga, salah satunya dengan membacakan cerita dari buku-buku terbaik. Anak akan terpaksa membaca jika Ayah Bundanya bukan teladan cinta baca yang justru tenggelam dalam gadget saja…

Nah, Ayah Bunda…
Selamat mengisi liburan dan hadir LAHIR BATHIN.
Postingan di media sosial bukanlah indikator kualitas liburan. Interaksi sepenuh hati dan pikiranlah yang menjadi penentu kualitas liburan keluarga 😇 Selamat menikmati sesi liburan dengan penuh syukur pada Allah SWT atas apapun yang bisa dinikmati di akhir tahun ini. Jiwa yang mampu bersyukur akan selalu ditambahkan Nikmat olehNya.

Salam sayang untuk Ananda yha, Ayah Bunda… 😇