Mengajarkan Ananda Tentang Problem Solving

Sains & Perkembangan Sosial Ananda
21/09/2017
Menumbuhkan Minat Baca Ananda pada Fase Eksplorasi
22/09/2017

Ayah Bunda,

Pernahkah Ananda mengadu pada kita sambil menangis sedih karena mengalami masalah oleh kelompok temannya?

Lalu, bagaimana Ayah Bunda menanggapinya? Adakah pernyataan berikut yang sama dengan tanggapan Ayah Bunda: “kamu tidak perlu bermain bersama mereka” atau “kamu lebih baik cari teman yang lain”.

Padahal, menjadi bagian dari suatu kelompok adalah salah satu bagian penting yang perlu dilalui Ananda dalam tahap perkembangannya.

Ananda perlu belajar bagaimana cara untuk bisa menjadi bagian dalam suatu kelompok pertemanan, daripada mendorongnya dengan alasan emosional tentang mengapa Ananda tidak boleh bergabung atau bersahabat dengan suatu kelompok tertentu.

Hindari pemahaman negatif yang justru mempengaruhi Ananda untuk memiliki mindset yang keliru dalam bersosialisasi.

Alangkah lebih baik jika Ananda diberikan pemahaman positif dengan mendengarkan perasaan Ananda, kemudian ajak Ananda mencari solusi tentang bagaimana cara yang terbaik untuk menanggapi situasi tersebut.

Ayah Bunda juga bisa menceritakan tentang pengalaman pertemanan yang pernah dialami saat seusia Ananda. Hal ini merupakan cara yang baik untuk menumbuhkan nilai-nilai persahabatan tanpa harus menceramahi Ananda.

Ayah Bunda, apapun yang dikatakan oleh Ananda perlu cermat dan tanpa emosional ketika menanggapi masalah yang menghadang dihadapan Ananda.

Ananda sedang berproses dalam kehidupan yang tak lepas dari masalah, masalah membuat Ananda bertumbuh dan menjadi sosok yang akan selalu mencari solusi untuk proses perkembangan mental melalui berpikir kritis dan berpikir kreatifnya. Tetaplah positif ya, Ayah Bunda.

==============

Ayah Bunda,

TK Alifa Kids telah membuka pendaftaran.

Untuk memberikan kenyamanan bagi orang tua dan Ananda, kami juga memberikan GRATIS TRIAL CLASS (tes kelas) selama 3 hari (senin hingga jum’at). Ayah Bunda dapat mengamati bagaimana respon Ananda sebelum melakukan pembayaran uang pendaftaran sekolah.

 

Yuk, Ayah Bunda

Manfaatkan program DISKON dan Cicilan dari kami. Semoga program ini memberikan kemudahan bagi Ayah Bunda. Silakan dishare jika bermanfaat 🙂 .

 

Call Center : 0823 9272 6000

————————————————–

Comments

comments

Comments are closed.