Mengenal SIAPA Tim Alifa Kids

Tips Memilih Sekolah Bagi Ananda
28/04/2014
Memaknai May Day
01/05/2014

Ayah Bunda,

Beberapa waktu lalu kami membuka kesempatan kerja bagi yang ingin bergabung menjadi tim Alifa Kids. Sehubungan bertambahnya kebutuhan tim di cabang dan di manajemen.

Ada hal yang menarik saat informasi ini kami bagikan. Diantaranya beberapa berkomentar tentang jam kerja yang memang sekitar 10 jam setiap hari (Senin – Jumat). Kami mencoba berdiskusi dengan tim kami, “ada apa dengan respon-respon tersebut…?”

perpisahan 2013 Alifa KidsBeberapa kesimpulan kami dapat, diantaranya:
Profesi guru masih dianggap sebagai profesi sambilan/ part time
Profesi guru mestinya hanya bekerja setengah hari, seperti sekolah kebanyakan
Profesi guru adalah pilihan terakhir untuk mengisi waktu atau jika sudah tidak diterima di tempat kerja yang lain
Profesi guru menjadi pilihan dari pada diam di rumah ya mari jadi guru sekolah yang dekat dari rumah saja.

Ada perasaan tersadarkan sekaligus miris… Menjadikan profesi guru sebagaimana salah satu poin di atas tentunya sah saja dan itu pun pilihan, sebagian perempuan tidak bekerja pun itu pilihan… Kita tidak perlu memperdebatkan hal ini..

Kami ingin memperkenalkan bagaimana tim Alifa Kids bekerja dan apa konsekuensi dengan bergabung menjadi bagian dari tim kami…

Tim Alifa Kids bekerja full day, sesuai dengan program di sekolah yang mendampingi Ananda saat kedua orang tua mereka bekerja.
Program ini kami persiapkan (didampingi konsultan) dari hasil input yang kami terima tentang kesulitan para ibu bekerja, anak-anak mereka dititipkan kadang kepada tetangga; kepada kakek nenek (mereka juga punya kehhidupan sendiri); atau kepada asisten rumah tangga (yang berdampak kurang baik bagi perkembangan anak; tontonan & sikap).

Dengan berkomitmen menjadi solusi bagi orang tua bekerja, kami tentu menyesuaikan jadwal kerja sesuai dengan jam kerja para orang tua (umumnya pulang dari bekerja pukul 5 sore). Mendampingi ananda adalah prioritas kami.

2. Tim Alifa Kids bekerja dari Senin – Sabtu. Hari Sabtu adalah hari persiapan bagi tim untuk satu minggu ke depan. Walaupun semua bahan ajar telah dipersiapkan tim manajemen pusat, namun setiap tim di cabang wajib menambah dan mengeksplorasi lagi agar disesuaikan dengan keadaan siswa di kelas masing-masing.
Bahkan hari minggu pun berkemungkinan bekerja jika ada seminar atau training parenting dari ahli untuk para orang tua murid Alifa Kids. Perlu keselarasan pemahaman antara sekolah dan orang tua. Mendidik ananda sangat dibutuhkan ilmu yang mumpuni termasuk untuk orang tua.

3. Tim Alifa Kids wajib mengikuti setiap training yang dilaksanakan minimal 2 kali dalam 1 bulan (pemateri dari internal maupun konsultan/ ahli), untuk tim Palembang mengikuti via conference/ online.
Kami sadar bahwa pendidikan anak sangat dinamis, dari waktu ke waktu ada saja hal baru dan tantangan baru yang tanpa bekal mustahil bisa kami hadapi. Pendampingan anak, pelayanan pada orang tua, kerjasama tim dan sebagainya. Semua hal tadi perlu di-recharge dan di-refresh kembali.

4. Tim Alifa Kids wajib melakukan rapat kerja setiap semesternya. Kegiatan ini berlangsung 7 hari hingga 10 hari saat libur semester. Kami perlu memperbaharui modul-modul dan materi serta proses kegiatan di sekolah, tidak mungkin mengajarkan anak masa kini untuk persiapan masa dengan menggunakan modul-modul jaman dahulu yang tak relevan lagi. Setiap detail prosesnya dirancang dengan sengaja dan sadar, untuk menghindari kesalahan sikap sekecil apapun.

5. Tim Alifa Kids aktif melakukan perbaikan dalam menyampaikan materi untuk Ananda. Mengajarkan Attitude, karakter dan nilai moral bukan hal mudah, karena hal tersebut merupakan materi yang tak kasat mata.
Kami tidak berfokus kepada pengajaran Baca Tulis Hitung yang sekarang sedang marak ditawarkan, selain dilarang pemerintah hal ini juga berakibat buruk bagi mental anak usia dini dikemudian hari. Baca tulis hitung sangat mudah diajarkan dan langsung nampak hasilnya, wajar jika disukai orang tua. Namun kami memilih untuk mendidik sebagaimana mestinya, bukan berdasarkan suka atau tidak suka.

Demikian sekilas profil tim yang bekerja di TK Alifa Kids, semoga memberikan gambaran bagi Ayah Bunda…
Pendidikan anak usia dini bukan pendidikan sambilan, ia perlu dipersiapkan serius dan sungguh-sungguh karena masa kanak-kanak adalah momen emas untuk menanamkan nilai-nilai kemanusia bagi mereka.

Mohon doakan kami agar tetap berbenah dan mampu menjadi TK terbaik di Pekanbaru dan TK terbaik di Palembang ya, Ayah Bunda…
Terimakasih 🙂

 

Comments

comments

Comments are closed.