Mengungkapkan Perasaan VS Membuat Penilaian

IJAZAH VS KARYA
29/09/2017
PRESCHOOL DI BANDUNG
04/10/2017

Ayah Bunda,

Pernahkah Ayah Bunda memberikan respon terhadap sikap ataupun karya Ananda ?

Respon seperti apa yang biasanya Ayah Bunda berikan ?

Taukah Ayah Bunda, bahwa respon bisa berupa ungkapan perasaan dan ada pula berupa penilaian.

Ketika Ayah Bunda memberikan respon dengan mengungkapkan perasaan, biasanya meggunakan ungkapan dari hati yang sensitif untuk memandang perasaan oang lain. “Kakak.. Bunda tadi melihat Kakak memukul teman, bagaimana rasanya yah ketika kita dipukul? Lalu bagaimana menurut Kakak sikap demikian?” ..

Sedangkan penilaian sendiri merupakan suatu pernyataan yang berimplikasi pada sikap kita untuk menilai baik atau buruknya sesuatu diluar dirinya, seperti “Kakak, anak yang tidak mengucapkan terima kasih itu tidak sopan” hal ini mengabaikan hal positif sebelumnya yang pernah dilakukan oleh Ananda.

Ayah Bunda,

Ketika kita berbagi perasaan dengan Ananda, maka ia akan bisa merasa lebih dekat dan dihargai, karena ungkapan perasaan merupakan cerminan dari apa yang ada di dalam hati.

Saat ingin merespon sikap ataupun karya Ananda yang lahir dari ungkapan perasaan, akan lebih mudah diterimanya sebagai rasa peduli Ayah Bunda terhadap dirinya…

Karena baginya, Ayah Bunda sedang menunjukkan kepedulian saat Ananda melakukan sesuatu yang benar atau salah.

Namun ketika Ayah Bunda membuat penilaian yang fokus pada hasil, Ananda tidak bisa merasakan kedekatan karena penilaian mengekspresikan sesuatu yang ada diluar dirinya, ia hanya akan merasa tidak didengar dan tidak berharga.

Ayah Bunda,

Mari kita memilah cara merespon karya dan sikap Ananda bukan dengan membuat penilaian, namun melalui ungkapan perasaan saat melihat sikap dan karya yang ditampilkannya, sehingga tumbuh kesan pada Ananda “Ayah Bunda peduli padaku”.

============
Ayah Bunda,
Pendaftaran Siswa Baru TK Alifa Kids masih dibuka.
Ajak Ananda ke cabang Alifa Kids terdekat yuk.

Ayah Bunda,
Untuk memastikan apakah Ananda Nyaman dan Cocok di Alifa Kids kami memberikan Trial Class selama 3 hari GRATIS.

Call Center : 0823 9272 6000
TK Alifa Kids Pekanbaru | TK Alifa Kids Palembang
=============

Comments

comments

Comments are closed.