MENJADI ORANGTUA YANG PANDAI BEREMPATI

MEMBERI KEBEBASAN UNTUK MENJADI PELAJAR MANDIRI
26/10/2017
MELATIH ANANDA UNTUK MANDIRI
02/11/2017

Ayah bunda,

Allah menitipkan Ananda sebagai jiwa untuk dididik sekalipun secara kasat mata terlihat perbedaan-perbedaan antara satu dan lainnya. Perbedaan yang terkadang mungkin membuat orang tua merasa terganggu bahkan terbebani.

Di lingkungan mungkin perbedaan itu sering kita jumpai pada Ananda Berkebutuhan Khusus. Ada saja orangtua yang melihat mereka dengan cara pandang yang kurang empati dan kurang kasih.

Padahal, jika kita melihat lebih dalam lagi, mereka juga titipan Allah untuk lingkungan kita. Titipan yang membutuhkan cinta kasih dari kita semua.

Di Alifa Kids kami percaya bahwa cinta adalah modal utama mendampingi Ananda termasuk Ananda Berkebutuhan Khusus. Kami tak punya banyak ilmu dalam membuat mereka menjadi lebih cemerlang, tapi kami mengandalkan cinta dan percaya bahwa mereka juga pasti bisa berdaya.

Jiwa mungil itu pun mengharapkan penerimaan (acceptance) dan cinta dari semua Ayah Bunda dan teman-temannya.

Meski caranya bicaranya terbatas, meski kemampuan berekspresinya kadang masih belum tepat, tapi di dalam hatinya berteriak ingin sekali cinta yang banyak.

Betapa menggembirakan setiap berbincang dengan Ayah Bunda lainnya yang pandai berempati kepada Ananda Berkebutuhan Khusus. Semakin banyak orangtua yang sadar bahwa mereka juga anak-anak yang butuh cinta.

Setiap anak perlu berinteraksi dengan berbagai tipe dan keadaan anak lain. Karena di dunia nyata dan di masa depan nanti pun mereka akan menemukan berbagai perbedaan dan keadaan yang di luar kenyamanan mereka.

Jika tak sedari dini mendidik empati diri, lantas kapan lagi?

 

 

Comments

comments

Comments are closed.