Menumbuhkan Keinginan Bertanya Pada Ananda

Kebiasaan Meluangkan Waktu Khusus Bersama
20/05/2017
Menjadikan Kesalahan Sebagai Momen Belajarnya
22/05/2017

Ayah Bunda, ananda akan memiliki pertanyaan mengenai hal yang dilihat dan didengarnya. Ya, itulah cara ananda belajar dengan bertanya tentang apa saja. Saat Ayah Bunda menstimulasi ananda untuk mau bertanya suatu pertanyaan dan menyediakan waktu untuk menjawabnya, ananda akan mendapatkan informasi yang diperlukan untuk rasa ingin tahunya. Tentunya, jawaban yang disediakan berupa pertanyaan lagi agar ananda mencari tahu lagi yang membuat ananda berdaya untuk berpikir kritis dan berpikir kreatif.

Ayah Bunda, beberapa pertanyaan juga bisa diajukan oleh kita sebagai pendidik, pertanyaan disesuaikan dengan usia perkembangan dan konteks ananda, mengajukan pertanyaan yang disukai ananda dan sesuai dengan memancing rasa ingin tahu ananda, dan pertanyaan yang terbuka terhadap beberapa alternatif jawaban.

Pertanyaan yang diajkukan ananda seperti tampak tidak penting, tetapi penting bagi pendidik (guru dan orangtua) untuk mengatakan “terimakasih sayang Bunda sudah mau bertanya, pertanyaannya menarik”. Hal ini akan membuat ananda merasa senang dan berharga akan proses berpikirnya.

Ada beberapa pertanyaan dari ananda yang mungkin belum diketahui jawabannya oleh kita sebagai pendidik dan orang dewasa. Jawaban yang jujur bahwa kita sebagai pendidik belum mengetahuinya dan akan coba mencari tahu terlebih dahulu. Berdasarkan hal ini, ananda dapat belajar prilaku jujur, tidak perlu gengsi atau minder untuk mengatakan hal yang belum dimengerti, tidak perlu takut salah ketika belajar, dan menumbuhkan rasa penasaran ananda bersama pendidik untuk mencoba mencari tahu.

Pertanyaan ananda memerlukan jawaban jujur  sesuai dengan usia yang akan memberikan fakta pada ananda yang kemudian dapat menjadi tambahan data pribadinya. Semua pertanyaan-jawaban bagi ananda seperti kepingan puzzle yang jika digabungkan akan menjadi gambaran utuh mengenai siapa ananda, bagaimana ananda menempatkan dirinya dalam kehidupan. Ananda yang menyerap lebih banyak akan mampu menyelesaikan persoalan dengan cara lebih baik.

 

#CintaYangBerdaya
#KarakterALIFA

Comments

comments

Comments are closed.