Menumbuhkan Perilaku Sabar Pada Ananda

Perhatian Pada Aksi Positif
17/07/2017
Menumbuhkan Bukan Mengendalikan
19/07/2017

Ayah Bunda, pengalaman pertama yang dialami oleh ananda adalah keinginan mendapatkan kenyamanan secepat mungkin dari apa yang diinginkannya. Ketika ananda sedang berusaha melakukan sebuah tugas dan ananda terlihat tidak sabar karena merasa tidak yakin dapat menyelesaikannya, Ayah Bunda tahan untuk tidak terburu – buru membantu ananda menyelesaikannya agar cepat selesai. Beri kesempatan pada ananda untuk berjuang dengan kemampuannya, hal ini bisa menumbuhkan perilaku sabar pada ananda.  Ayah Bunda seringlah meyakinkan ananda dengan mengatakan “ayo sayang bunda bisa melakukannya”. Sebelumnya, pastikan bahwa kemampuan ananda sesuai dengan tugas yang diberikan padanya.

Ayah Bunda, menumbuhkan perilaku sabar pada ananda dapat juga dilakukan dengan melakukan kegiatan yang menuntut adanya kesabaran. Beberapa proyek kesabaran yang bisa ananda lakukan, diantaranya : memancing, menanam benih yang membutuhkan waktu menunggu sebelum tumbuh menjadi suatu tanaman, membuat prakarya, mengamati objek, ikut membantu bunda membuat adonan kue di dapur, dll. Setiap kali ananda rela bersabar untuk menanti kemunculan sesuatu, maka itu berarti ananda telah berhasil mempelajari suatu gagasan bahwa segala sesuatu dalam kehidupan ini membutuhkan waktu untuk bisa terjadi.

Ayah Bunda kapanpun ananda mau menunggu dengan sabar untuk mendapatkan sesuatu, mau antri menunggu giliran, dan mau melakukan rutinitas harian diharapkan agar Ayah Bunda tidak lupa untuk memberikan apresiasi atas kesabarannya sambil memeluk sayang ananda.

Comments

comments

Comments are closed.