PANTASKAH HUKUMAN DIBERLAKUKAN DALAM MENDIDIK ANANDA?

BELAJAR UNTUK BERKARYA
09/11/2017

 

 

Ayah bunda,

Di dalam Al-Qur’an, Allah menjelaskan bahwa setiap perbuatan akan mendapat “balasan”. Jika ditelaah dengan baik, maka makna balasan tersebut ialah konsekuensi dari sebuah perbuatan. Jika kita melakukan sebuah kebaikan, maka balasannya ialah kebaikan juga.

Demikianlah kami belajar mendidik Ananda di Alifa Kids. Ananda diajak berdiskusi dan membuat kesepakatan yang berisi konsekuensi atas sebuah perbuatan melalui penerapan disiplin positif.

Seperti halnya dalam membuang sampah, Ananda diajukan pertanyaan mengapa harus membuang sampah dan apa yang terjadi jika tidak membuang sampah pada tempatnya.

Hal ini dilakukan agar Ananda mampu berpikir sederhana, sehingga menjadi stimulus agar tumbuhnya kesadaran pada diri Ananda tentang betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan juga mengajarkan pada Ananda hubungan sebab-akibat dari sebuah perbuatan.

Jika anak melakukan perbuatan yang tidak semestinya, hukuman tetap tidak relevan diberlakukan kepada Ananda.

Karena dalam menumbuhkan akhlak mulia dari dalam diri Ananda, hukuman hanya akan membuat Ananda bersikap/ melakukan sesuatu sebatas rasa takut dan akan melahirkan jiwa pemberontak karena ia merasa bahwa hal yang dilakukannya membuat orang lain mengabaikannya.

Ayah Bunda, ketika Ananda melakukan kesalahan bukan karena ia ingin berbuat hal keliru, namun karena ia belum mampu melakukan dengan cara yang lebih baik.

Disinilah Ananda membutuhkan peran kita untuk mendampingi Ananda agar tumbuh kemampuan dalam dirinya.

Dalam penerapan disiplin positif tidak mengenal hukuman maupun iming-iming, melainkan apresiasi dan konsekuensi. Apresiasi disini juga tidak ditujukan pada hasil, namun ditujukan pada setiap upaya ataupun proses yang Ananda lakukan.

Dalam memberikan konsekuensi, pastikan bahwa konsekuensi tersebut memang berhubungan langsung dengan kesalahan Ananda, ketika Ananda membuang sampah sembarangan maka konsekuensinya adalah mengambil sampah tersebut dan membuangnya ke tong sampah.

Ayah Bunda,

Tujuan utama dari konsekuensi adalah memberikan pengalaman belajar pada Ananda, sehingga Ananda diharapkan memahami dan menyadari akibat perbuatannya serta langkah perbaikan yang perlu ia lakukan.

============

Ayah Bunda,

TK Alifa Kids telah membuka pendaftaran.

Dapatkan diskon sebesar 1.000.000 hanya sampai tanggal 15 Desember 2017.

Untuk memberikan kenyamanan bagi orang tua dan Ananda, kami juga memberikan gratis trial class (tes kelas) selama 3 hari (senin hingga jum’at). Ayah Bunda dapat mengamati bagaimana respon Ananda sebelum melakukan pembayaran uang pendaftaran sekolah.

 

Yuk, Ayah Bunda

Manfaatkan program diskon dan cicilan dari kami. Semoga program ini memberikan kemudahan bagi Ayah Bunda. Silakan dishare jika bermanfaat 🙂

 

Call Center : 0823 9272 6000

TK Alifa Kids Pekanbaru | TK Alifa Kids Palembang

=============

Comments

comments

Comments are closed.