Pentingnya Edukasi Menjaga Area Pribadi

Ananda yang senang diperhatikan
08/08/2017
Guru Kreatif
09/08/2017

Ayah Bunda,

Minggu ini tema pembelajaran TK B Alifa Kids adalah mengenal diri dari anggota tubuh bagian tengah berupa area pribadi yang perlu dijaga.

Dimulai dari mengenalkan Ananda bahwa setiap individu memiliki area pribadi dan mengenalkan istilah bagian-baian area pribadi dengan bahasa yang tepat tidak menggantinya dengan istilah lain. Lalu, menggugah Ananda untuk menjaga area pribadinya dengan cara-cara yang bisa diupayakannya.

Hal ini menjadi sangat penting dan tidak tabu lagi untuk mengenalkan pendidikan seksual sedini mungkin untuk Ananda usia dini.

Dengan maraknya pemberitaan mengenai pelecehan seksual yang menimpa Ananda usia dini, baik di rumah, di luar rumah, bahkan saat di sekolah.

Ayah Bunda,

Pentinganya pembekalan pendidikan seksual sedini mungkin bisa dengan cara bercerita sesuai bahasa yang dimengerti Ananda, lalu Ananda akan terpancing untuk bertanya ataupun bercerita.

Dengan membekali Ananda tentang pendidikan seksual sejak dini minimal Ananda menjadi tahu bahwa pada saat apa oranglain boleh menyentuh area pribadinya, seperti saat dibantu mandi dan berpakaian, saat dibantu membersihkan area pribadi setelah BAK/BAB, saat diperiksa oleh dokter.

Ananda juga perlu tahu bahwa siapa saja yang boleh menyentuh area pribadinya, yaitu ibu untuk Ananda perempuan, ayah untuk Ananda laki-laki, dan dokter/perawat saat didampingi oleh Ayah/ Bundanya.

Ananda juga menjadi tahu  bahwa area pribadi perlu ditutup dengan pakaian yang layak pakai (tidak seksi), baik itu saat sedang dirumah ataupun diluar rumah.

Selain itu, kenyamanan komunikasi yang perlu dibangun dengan Ananda sehingga dapat membuat Ananda selalu menceritakan apa saja yang terjadi pada dirinya baik yang dialami ataupun yang dirasakannya, dengan cara mendengarkan apa yang disampaikan Ananda, tidak menegurnya tanpa alasan apalagi mencela Ananda karena cerita imajinatifnya yang terkadang tidak bisa dinalar oleh orang dewasa.

Kita sebagai orang dewasa perlu tanggap dan mengamati perubahan yang terjadi pada diri Ananda sehingga mampu membaca perubahan emosional ataupun fisik yang dialami Ananda.

Comments

comments

Comments are closed.