PENTINGNYA POWER NAP UNTUK ANANDA

MAMPU MANDIRI SEJAK DINI
19/10/2017
MEMBERI KEBEBASAN UNTUK MENJADI PELAJAR MANDIRI
26/10/2017

Ayah bunda,

Power nap ialah tidur siang singkat yang berkisar antara 20 sampai 30 menit. Ternyata, beristirahat selama beberapa menit di siang hari memberikan kondisi rileks yang luar biasa pada tubuh.

Tidak hanya orang dewasa saja yang selalu disibukkan dengan berbagai macam aktivitas yang sangat menyita energi, tetapi juga bagi Ananda usia dini. Namun, ragam aktivitas dan waktunya disesuaikan dengan usia mereka. Kebanyakan Ananda usia dini senang beraktivitas seharian dengan sejuta tanda tanya yang ada di benak mereka.

Banyaknya aktivitas yang mereka kerjakan berdasarkan hasil observasi yang mereka lakukan. Hal ini terjadi karena Ananda pada umumnya mencerna informasi berdasarkan pengalaman visual.

Namun, untuk memulihkan kembali energi dan keceriaan Ananda, dibutuhkan adanya istirahat sejenak seperti kegiatan power nap.

Menurut riset dr. Rini, dokter spesialis anak FKUI-RSCM, menuturkan bahwa power nap dapat memulihkan kondisi Ananda baik secara fisik maupun psikologis. Selain itu, Dr Jill Dorrian dari Centre for Sleep Research University of South Australia menambahkan  bahwa keadaan fisik Ananda yang rutin melakukan power nap akan lebih rileks dan terjaga kestabilan emosi dan kinerja otaknya.

Tidur siang singkat berkualitas ini juga menjadi kebiasaan Rasulullah SAW, serta salah satu aktifitas yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad.

Di Alifa Kids, Power nap dilakukan oleh Ananda selama 30 menit yang dilakukan di sela-sela kegiatan fullday.

Dengan melakukan power nap, otak dan tubuh Ananda beristirahat sambil mengisi ulang energi. Sehingga ketika Ananda bangun membuat Ananda kembali bugar dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas di sore harinya.

Lalu, apakah power nap berdampak pada larutnya tidur Ananda di malam hari?

Ayah Bunda, Power nap tidak akan menyulitkan Ananda untuk tidur di malam hari jika dilakukan dalam jumlah waktu yang tepat yaitu 20 hingga 30 menit perhari.

Sehingga, Ayah Bunda tidak perlu khawatir dengan padatnya aktivitas Ananda di sekolah karena Ananda tetap dalam penjagaan serta aktivitas yang bermanfaat selama seharian berada di sekolah.

Comments

comments

Comments are closed.