Perhatian Pada Aksi Positif

Guru Merdeka Belajar (Sesi Belajar Memperbaiki Diri Pendidik)
16/07/2017
Menumbuhkan Perilaku Sabar Pada Ananda
18/07/2017

Ayah Bunda, ananda mencari-cari perhatian sekitarnya melalui  aksinya yang seringkali membuat kesal. Jika kita renungkan berapa kali ananda mendengarkan omelan dari Ayah Bunda karena kesal akan aksinya yang negatif “kamu tidak habiskan makananmu, berhenti menangis, sudah jangan malu-malu begitu, dengarkan kalau bunda sedang bicara padamu, sudah bunda bilang jangan main dengan temanmu itu…” dan lain sebagainya.

Sayangnya, Ayah Bunda malah sibuk menekankan pada aksi negatifnya. Kenapa Ayah Bunda tidak mencoba latihan sederhana berikut ini dan coba lihat apa yang terjadi. Sesekali biarkan saja ananda ketika melakukan kesalahan, abaikan. Kemudian, katakan sesuatu yang positif mengenai aksi positif yang telah dilakukan hari ini “terimakasih sudah merapihkan maiananmu sendiri, terimakasih sudah menyikat gigimu sendiri tanpa harus diingatkan oleh bunda, terimakasih sudah mau ramah menyapa tamu yang datang ke rumah tadi…” dan lain sebagainya. Berikan perhatian pada aksi positif nya, sehingga ananda memahami perilaku mana saja yang lebih diperhatikan orangtuanya.

Ananda suka mencari-cari perhatian dari sekitarnya dengan melakukan suatu aksi tertentu. Jika ayah bunda perhatian pada aksi positif ananda, maka ananda akan lebih memilih melakukan berbagai aksi yang positif juga. Perhatian pada aksi positif akan memberikan penguatan positif, karena ananda jadi ingin mengulang aksi-aksi positif lainnya dalam kesehariannya.

 

Comments

comments

Comments are closed.