Permainan Puzzle

Melatih Imajinasi Ananda Melalui Kegiatan Role Play
05/08/2017
Pentingnya Peranan Pendidik
06/08/2017

Tahukah Ayah Bunda?

Kenapa ya, Ananda perlu melakukan permainan puzzle?

Ayah Bunda,

Seringnya kita sebagai orang dewasa terjebak dalam cara, bagaimana Ananda dapat menyelesaikan dengan cepat dan tepat, yang kemudian kita berusaha mengarahkan atau malah turut serta membantu Ananda ketika menyelesaikan susunan kepingan tersebut.

Nah, tanpa disadari kita telah mematikan keterampilan dasar yang semestinya menjadi pondasi Ananda.

Ayah Bunda, tujuan dari permainan menyusun puzzle tidak hanya sekedar memenuhi aspek kognitif seperti mengenali ukuran, gambar dan bentuk berbeda yang membantu Ananda dalam meletakkan potongan puzzle di segala arah. Namun juga membantu Ananda untuk mengembangkan kemampuan dalam melibatkan gerakan jari dan juga kosentrasi Ananda.

Ternyata, hal ini sangat berpengaruh untuk melatih keterampilan hidup Ananda dalam keseharian, seperti meningkatkan sensori dan gerakan jari agar memudahkan beraktifitas  dan mandiri ketika mengambil suatu benda.

Permainan puzzle juga dapat membantu Ananda membiasakan diri untuk fokus sehingga membuatnya terdorong agar tetap tekun menghubungkan kepingan puzzle.

Penerapan ini akan membangun pribadi Ananda yang mampu menjadi problem solver, mandiri, dan tidak bergantung pada orang lain.

Ketika ia tidak melewati proses ini dengan cara yang tepat, maka akan membuat Ananda terbiasa melakukan sesuatu dengan bantuan orang lain sehingga sulit untuk mandiri, karena tidak terbiasa mengasah diri untuk berpikir.

Dan melalui permainan puzzle juga dapat melatih keterampilan motorik halus Ananda, salah satunya

membantu dalam kesiapan dasar menulis dan juga makan dengan baik.

Nah, bagaimana Ayah Bunda?

Ternyata tidak hanya fokus pada pencapaian akhir, namun semestinya melalui proses yang tepat agar tujuan dari setiap kegiatan yang Ananda lakukan dapat tercapai.

Mari Ayah Bunda, kita dampingi Ananda agar dapat tumbuh menjadi diri terbaiknya melalui proses yang tepat sehingga ia mampu berkarya.

Comments

comments

Comments are closed.