Proses Belajar Membaca Ananda

Bertanggung Jawab Sejak Dini
23/07/2017
NAUFAL YANG ENERGIK & HOBI BERNYANYI
25/07/2017

Ayah Bunda, proses belajar membaca yang bagaimanakah yang Ayah Bunda terapkan terhadap Ananda? Apakah proses belajar membaca dengan wadah aktif (Ananda bisa memakai “caranya”) ataukah proses belajar membaca dengan wadah pasif (Ananda akan membaca apapun yang diperintahkan pendidik, baik orangtua/guru)?

setujukah kita sebagai pendidik memberi kesempatan pada Ananda untuk menunjukan apa yang mereka bisa lakukan, dan tidak memberi Ananda sesuatu yang lebih sulit daripada yang bisa mereka tangani?

Masih adakah pendidik (ortu/guru) yang mendrill Ananda untuk bisa membaca dengan cara yang telah pendidik tunjukan? Tanpa menyadari bahwa mendrill Ananda dalam hal membaca, berarti telah gagal memahami batas perkembangan Ananda dan gagal menghargai pemikiran Ananda.

Mungkin kita pun pernah mengalami cara belajar membaca sesuai prosedur, dengan bolak-balik mengulang kata yang sama seperti : ini budi, ini ibu budi, ini bapak budi. Betapa membosankannya, alangkah lebih seru jika berlatih membaca dengan kata-kata yang berarti bagi Ananda atau hal yang kongkrit dikesehariannya. Hal ini akan membantu Ananda untuk jatuh cinta pada kata-kata yang tertulis, sehingga penasaran untuk terus membaca.

Comments

comments

Comments are closed.