Refleksi Mempertajam Daya Pikir Ananda

Proses Belajar Tak Cukup Sekedar Asik & Seru Saja, Tapi Perlu
05/10/2017
Ayah Bunda, Manakah yang Menjadi Kecerdasan Ananda?
12/10/2017

Ayah bunda,

Ketika Ananda melakukan sebuah kesalahan, apa yang akan Ayah Bunda lakukan?

Apakah Ananda kerap kali diteriaki kata-kata negatif?

Ataukah Ayah Bunda menyelidiki pertemanan Ananda?

Ataukah menganggap Ananda tidak mungkin melakukan kesalahan?

Atau bahkan menganggap hal itu adalah hal wajar?

Ayah Bunda,

Kesalahan sering terjadi pada diri siapapun, meskipun pada orang dewasa bahkan anak-anak. Pada masa eksplorasi, Ananda sering melakukan trial and error, hal ini tergantung bagaimana kita mengarahkan pada Ananda bahwa kesalahan merupakan salah satu media pembelajaran yang di dalamnya terdapat proses berpikir. Kesalahan sebaiknya menjadi wadah cerminan diri apakah pantas atau tidaknya sebuah kesalahan terulang kembali.

Pada kasus ini, refleksi dibutuhkan sebagai bentuk penilaian diri. Jika terdapat kesalahan pada Ananda, bertanyalah agar dapat mengetahui akar permasalahan.

Refleksi juga memberi ruang bagi Ananda untuk mengekspresikan diri dengan pemikiran mereka. Dalam hal ini, kehadiran orangtua dan guru hanya sebagai fasilitator dimana seharusnya orangtua dan guru memahami kapan waktunya dibutuhkan dalam memberikan saran dan arahan kepada Ananda.

Melalui refleksi diri akan menumbuhkan kebiasan berpikir, mampu mengenali diri dan lingkungan dengan baik melalui melihat apa yang Ananda lihat.

Ayah Bunda,

Dengan memberikan berbagai komentar hanya akan membuat Ananda merasa malu dan merasa tidak berarti ketika melakukan kesalahan. Hal ini juga membuat Ananda tidak terbiasa mencari solusi untuk memecahkan masalah sederhana. Maka berilah kesempatan agar Ananda mengungkapkan perasaannya pada Ayah Bunda sebelum Ayah Bunda mengatakan sesuatu pada Ananda.

Langkah terbaik yang bisa Ayah Bunda lakukan adalah membantu Ananda untuk menemukan jalan keluar dalam memperbaiki kekeliruan yang telah ia lakukan.

============

Ayah Bunda,

Pendaftaran Siswa Baru TK Alifa Kids masih dibuka.

Ajak Ananda ke cabang Alifa Kids terdekat yuk.

 

Ayah Bunda,

Untuk memastikan apakah Ananda Nyaman dan Cocok di Alifa Kids kami memberikan Trial Class selama 3 hari GRATIS.

Call Center : 0823 9272 6000

TK Alifa Kids Pekanbaru | TK Alifa Kids Palembang

=============

Comments

comments

Comments are closed.