Sekolah Tempat Berteman Banyak

Penyelesaian Masalah Sehari-hari Melalui Proses Belajar Reflektif
13/07/2017
Menyayangi Sesama
14/07/2017

Ayah Bunda, memasukan ananda sekolah salah satu tujuannya adalah agar ananda dapat bersosialisasi. Sekolah tempat berteman banyak. Diusia 2 tahun ananda masih egosentris, tapi jika di lingkungan sosial ananda melihat ada teman lain yang menangis karena sedih ananda sudah mulai dapat menunjukan empati dan simpati dengan memeluk temannya itu. Hal seperti ini tidak dapat ananda alami jika hanya berinteraksi dengan Ayah Bunda nya saja.

Manfaat berteman sering orang tua abaikan, apalagi mengingat usia ananda yang masih dini merasa tidak perlu di stimulasi agar berteman karena toh ananda juga masih egosentris. Padahal, manfaat berteman untuk ananda dapat melatih kemampuan mengelola emosi, keterampilan sosial, dan penyelesaian masalah. Ananda perlu berkumpul dengan teman sebaya, melakukan aktivitas bersama ditempat yang sama. Walaupun masih egosentris dan belum bisa berbagi dengan temannya, setujukah Ayah bunda berteman butuh proses ?

Jadi contoh ananda, maka ayah bunda bertemanlah. Sebagian besar waktu ananda untuk mengamati dan meniru perilaku orang tuanya. Jika ananda melihat ayah bunda asik dan menyenangkan dalam berteman maka ananda akan meniru perilaku yang sama terhadap temannya, berteman itu menyenangkan. Perlu menjaga sikap dan perilaku dengan teman-teman ayah bunda saat berteman, karena ananda suka meniru.

Teman sebaya mulai berpengaruh selama waktu yang cukup panjang. Ananda yang banyak teman, sebelumnya melewati berbagai peristiwa bertengkar, berebut mainan, mengalami berbagai perasaan, seperti: marah, sedih, kecewa, dikucilkan, dll. Dalam hal ini Ayah Bunda tidak perlu langsung intervensi, beri kesempatan ananda merasakan proses demikian. Dari peristiwa tadi ananda sedang mengembangkan keterampilan mencoba memahami dampak perilakunya terhadap orang lain, mengembangkan kemampuan untuk menerima masukan dari orang lain tentang perilakunya, mengembangkan sikap memberi perhatian pada orang lain, pengaruh teman sebaya menjadi ukuran bagi ananda untuk menguji diri dan perasaan tentang dirinya. Hal ini akan akan membuahkan kompetensi negosiasi (komunikasi), kerjasama, dan empati nantinya yang merupakan senjata ananda agar dapat berteman banyak.

 

#CintaYangBerdaya

#KarakterALIFA

Comments

comments

Comments are closed.