TIPE-TIPE ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK AYAH BUNDA TIPE YANG MANA…?

SUDAHKAH ANANDA DIAJARKAN ADAB DI TEMPAT UMUM ?
12/03/2016
BENARKAH ANAK INDONESIA KEHILANGAN SOSOK AYAH…?
22/03/2016

 

Ayah Bunda,

Hari Sabtu kemarin Alifa Kids mengadakan seminar Parenting yang disajikan oleh Bapak Dodi Rustandi (STIFIn Personality Development).

Sangat seru karena membongkar tipe anak yang berbeda-beda, dan ternyata juga ada tipe orang tua yang berbeda-beda.

Seminar |TK di Pekanbaru | TK di Palembang  copy

Apa saja tipe itu dan apa konsekuensi jika ternyata kita masuk dalam tipe Orang Tua yang justru mendidik dengan cara yang tak tepat…?

Berikut penjelasannya yha, Ayah Bunda..

1. TIPE LALAI

Ciri-ciri : Tuntutan terhadap anak lemah, tanggungjawabnya juga lemah.

Orang tua mengabaikan kehidupan anak, sehingga anak mereka lemah dalam kemampuan sosial, tidak dewasa dan sulit mandiri bahkan terasing dari keluarga. Di rumah tidak ada tanggungjawab atau pun kesepakatan, yang ada hanya pembiaran, karena orang tua lebih mementingkan kehidupan kehidupan/ kepentingan diri sendiri.

Seminar |TK di Pekanbaru | TK di Palembang 23

 

2. TIPE OTORITER

Ciri-ciri : Tuntutan terhadap anaknya tinggi, tanggungjawabnya lemah.

Orang tua tipe ini selalu membatasi keinginan anak dan memaksakan kehendaknya tanpa penjelasan, jika tidak maka anak akan dihukum (fisik maupun non fisik). Orang tua kerap menuntut penghargaan dari anak dan hanya menerima sebuah keadaan jika dilakukan sesuai dengan caranya. Anak-anak mereka lahir menjadi pribadi yang tidak bahagia, ketakutan, minder, tidak mandiri dan sulit berkomunikasi serta berperilaku agresif.

Seminar |TK di Pekanbaru | TK di Palembang 22

 

3. Tipe PERMISIF

Ciri-ciri : Tanggungjawab terhadap anak tinggi, namun tuntutannya rendah.

Orang tua ini cendurung melakukan pembiaran dan menuruti semua keinginan anak. Sehingga anak sulit untuk mengendalikan perilakunya. Mereka tumbuh menjadi anak yang egois dan sulit berkomunikasi dengan teman sebaya. Anak menjadi ‘Raja’ dan ‘Ratu” di keluarga yang tak bisa dibantah keinginannya

Seminar |TK di Pekanbaru | TK di Palembang 25

4. TIPE OTORITATIF

Ciri-ciri : Tanggungjawab terhadap anak tinggi, dan diikuti dengan tuntutan/ aturan yang juga dijaga  (Berkomitmen)

Orang tua mendorong anak-anaknya untuk mandiri, ada batas-batasan yang jelas yang disepakati di dalam keluarga. Ada diskusi yang terbuka di keluarga tersebut. Orang tua hadir menjadi sosok yang hangat dan penyayang kepada anak-anaknya. Aturan dibuat dengan landasan kesadaran dan kasih sayang.

Anak-anak mereka lahir sebagai pribadi yang ceria, mampu mengendalikan diri, mandiri dan mampu menjaga hubungan baik, serta bisa mengatasi stress yang mereka hadapi.

Seminar |TK di Pekanbaru | TK di Palembang 5 copy

 

Ayah Bunda,

Dari penjelasan tadi, manakah tipe Ayah dan Bunda dalam mendidik Ananda? Jika sekiranya belum menjadi orang tua yang ideal, maka masih ada waktu untuk kita orang dewasa memperbaiki diri.

Ketidaktahuan dan kurangnya wawasan adalah salah satu penyebab kegagalan dalam mendidik anak. Mengandalkan bagaimana dulu kita dibesarkan lalu melakukan hal yang sama terhadap anak adalah bukti kita enggan memperbaiki diri.

Seminar |TK di Pekanbaru | TK di Palembang 4 copy

Anak-anak hidup di zaman yang berbeda dengan Ayah Bunda dahulu. Tantangan dan permasalahan semakin beragam. Jika untuk mendapatkan gelar Sarjana saja kita rela belajar sungguh-sungguh selama bertahun-tahun, maka sudahkah kita belajar dengan sengaja dan sungguh-sungguh pula untuk menjadi orang tua terbaik…?

Tips Parenting | TK di Pekanbaru | TK di Palembang

====

Ayah Bunda,

Pendaftaran Siswa Baru telah dibuka

Ajak Ananda ke Cabang Alifa Kids terdekat yuk, Ayah Bunda..

Call Center : 0823 9272 6000

Comments

comments

Comments are closed.