TIPS AGAR ANANDA TUMBUH MENJADI PRIBADI YANG BAHAGIA

Melayani dengan Memahami
13/08/2017
Mari  Ajak Ananda Bicara Yang Seru
14/08/2017

Ayah Bunda,

Tentu menjadi keinginan terbesar bagi orang tua ketika Ananda tumbuh menjadi pribadi yang bahagia.

Hal ini sangatlah berkaitan dengan penerapan pola asuh Ananda yang tepat. Karena kuncinya terletak pada gaya parenting orang tua yang menjadi pengaruh lingkungan terbesar serta faktor yang paling berperan dalam membentuk kepribadian dan mental Ananda saat ia tumbuh.

Ayah Bunda,

Pola pengasuhan seperti apa ya, yang perlu diterapkan agar Ananda tumbuh menjadi pribadi yang bahagia?

Berikut tips yang bisa Ayah Bunda lakukan:

1. Ayah Bunda bisa mengenali apa yang menjadi kelebihan Ananda, seperti mengenal karakter Ananda, mengetahui dan memahami perasaan Ananda, juga aktivitas yang paling Ananda sukai.
Dengan begitu Ayah Bunda dapat mengarahkan hal-hal yang bisa membangkitkan potensi Ananda dan mendukung aktivitas positif yang membahagiakan Ananda, bukan hanya aktivitas yang membahagiakan orang tua.

2. Kenali Ananda sebagai individu yang unik dan cerdas yang tidak sama dengan teman atau saudaranya yang lain.

Ayah Bunda bisa menghindari sikap membanding-bandingkan Ananda dengan orang lain. Mungkin saja Ananda tidak jago dalam bidang matematika, namun ia jago dalam aktivitas olah fisik seperti main bola.

Mungkin saja Ananda pemalu dan tidak suka berbicara di depan umum, namun bisa jadi ia sangat kreatif dan memiliki daya imajinasi yang tinggi dalam menciptakan sebuah lukisan.
Ketika Ayah Bunda menyadari bahwa setiap anak itu unik, maka Ayah Bunda telah mendampingi Ananda untuk menjadi diri terbaiknya, sehingga Ananda akan tumbuh menjadi pribadi yang selalu bersyukur.

Dengan terbiasa bersyukur, Ananda akan menjadi lebih bahagia, jauh dari perasaan tertekan, dan akan lebih positif dalam memandang hidup.

3. Memberikan kesempatan Ananda berekspresi.
Dengan memberikan ruang dan kesempatan kepada Ananda untuk mengeskpresikan apa yang menjadi ide-ide kreatifnya, mengekspresikan suara dan pendapatnya, Hal ini baik untuk menumbuhkan daya kreativitas Ananda. Karena Ananda menikmati pilihannya.
Bila anak sudah tahu apa yang menjadi tujuan dan pilihannya, maka ia akan bisa lebih menikmati hidupnya dengan bahagia.

4. Menjaga keharmonisan hubungan keluarga

Ayah Bunda, Hubungan yang dekat antara Ananda dan orang tua merupakan modal yang sangat penting bagi Ananda untuk bisa menapaki kehidupannya ke depan nanti.

Kedekatan dan kehangatan hubungan orang tua dan Ananda akan menciptakan kelancaran komunikasi, sehingga saat Ananda menghadapi problem & kendala dalam hidupnya, orang tua tidak hadir sebagai “hakim” melainkan hadir untuk memberikan support kepada Ananda. Keharmonisan Ayah Bunda sebagai pasangan juga berperan penting untuk mewujudkan kebahagiaan Ananda, agar menumbuhkan rasa aman dalam dirinya.

5. Ajari Ananda tentang kasih sayang

Ajarkan kepada Ananda tentang bagaimana caranya memberi kasih sayang dengan cara munjukkan cinta dan kasih sayang kepada Ananda setiap saat, dan pastikan Ananda tahu dan merasakan bahwa dirinya dicintai oleh Ayah Bunda. Hal ini pastinya akan membuat Ananda menjadi pribadi yang bahagia karena merasa dicintai dan diterima.

Semoga bermanfaat ya, Ayah Bunda 😊

Comments

comments

Comments are closed.