Tips Agar Tenang Melepas Ananda di Sekolah

Apa Bahayanya Mendidik Tanpa Kasih Sayang ?
18/02/2015
SEMINAR ESQ PARENTING
27/02/2015

Ayah Bunda,
Mungkin di hari pertama Ananda akan bersekolah nanti membuat Ayah Bunda deg-degan dan khawatir melepasnya sendiri di lingkungan baru. Hal ini sebenarnya keadaan yang normal saja dan wajar dialami oleh orang tua dan anak.
Ada beberapa tips yang dapat kami bagikan agar Ayah Bunda dan Ananda dapat melewati masa ini dengan nyaman.

TK di PEkanbaru | TK di Palembang

1. Jauh hari sebelum Ananda akan bersekolah ada baiknya mulai dibiasakan dengan keadaan tanpa dampingan orang tua yang terus menerus. Misalnya Ananda dibiasakan ditinggal saat Ayah Bunda ada keperluan yang tidak lama (ke warung atau ke mesjid).

2. Pujilah saat ia mau dan berani ditinggal walau beberapa saat saja, termasuk saat ia berani diminta ke kamar tidurnya sendiri. Mulailah bercerita tentang asiknya bersekolah, bertemu teman-teman baru, bermain bersama teman baru dan guru yang akan mendampinginya. Jika ini rutin dilakukan, maka Ananda akan mulai terbiasa dan bersiap dengan lingkungan barunya.

3. Saat Ananda sudah didaftarkan dan mulai bersekolah, di hari pertama sediakan waktu beberapa saat untuk Ayah Bunda ikut mendampanginya. Biasanya sekolah masih mengizinkan untuk didampingi di awal masa sekolah.

4. Saat Ayah Bunda akan bersiap pisah dengan Ananda, pastikan bahwa Ayah Bunda pamit terlebih dahulu dan sampaikan alasannya (ingin bekerja dan sebagainya). Jangan meninggalkan Ananda dengan sembunyi-sembunyi (berbohong), karena akan mengurangi tingkat kepercayaan Ananda kepada orang tuanya sendiri.

5. Bagi Bunda yang pada masa hamil mengalami keadaan yang sering cemas dan khawatir maka biasanya akan nampak pada sikap Ananda yang juga mudah khawatir dan cemas. Seperti saran dari Psikolog Anna Surti Ariani agar Bunda mulai memperhatikan sikap sehari-hari dihadapan Ananda. Orang tua yang bereaksi mudah cemas/ khawatir bahkan marah maka akan mudah ditiru oleh Ananda.

6. Saat Ayah Bunda pisah dengan Ananda dan ia menangis, pahamilah bahwa ini adalah reaksi normal darinya. Jika Ayah Bunda sudah berkomitmen dan menyampaikan bahwa akan pergi maka jangan membatalkan (balik lagi) hanya karena tangisannya. Ananda akan membaca bahwa “strateginya” berhasil. Hal ini tidak baik bagi perkembangan mentalnya.

Nah, Ayah Bunda…
Sudah siap kan yha untuk mendampingi proses kemandirian Ananda…? Selalu miliki mindset bahwa adalah wajar jika Ananda butuh waktu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya, bahkan jika ia masih menangis selama seminggu setiap kali ditinggal di sekolah. Bersabarlah dengan proses ini ya Ayah Bunda…

Tim guru di Alifa Kids akan terus memantau dan membantu Ananda di masa penyesuaian ini. Jika ada hal yang membuat Ananda sedemikian tidak nyaman, maka Ayah Bunda pasti akan dihubungi dan diminta kerjasamanya untuk kembali mendampingi Ananda.

Setiap Anak membutuhkan waktu yang berbeda-beda dalam menerima lingkungan baru. Bahkan kita orang dewasa pun butuh waktu untuk menyesuaikan diri… Moga Ayah Bunda juga bersedia dan sabar dengan prosesnya….

====
Diskon Pendaftaran Rp. 1.000.000 masih berlaku hingga akhir bulan februari ya, Ayah Bunda…
Call Centre Cabang Pekanbaru : 0823 9272 6000
Call Center cabang Palembang : 0823 7229 9000

Comments

comments

Comments are closed.