TIPS MELATIH ANAK MENAHAN DIRI

KUNCI SUKSES ITU….? (Pelajaran dari ananda cantik Kiran)
04/01/2016
PENDAFTARAN SISWA BARU TELAH DIBUKA DISKON Rp. 750.000
11/01/2016

Self control (menahan diri) menjadi hal penting yang perlu dimiliki oleh siapapun yang ingin sukses di kehidupannya.

Tidak mudah ya, Ayah Bunda…

Tentu saja, karena menahan diri artinya mampu mengalahkan ego diri sendiri. Mampu memberikan pengertian pada diri dalam mengambil keputusan-keputusan.

Memiliki kesadaran bahwa tak selamanya apa yang diinginkan harus diperoleh saat itu juga dan dengan cara yang sesukanya saja.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan kemampuan Ananda menahan diri :

TK di Pekanbaru | TK di Palembang | TK Terbaik di Pekanbaru | TK Terbaik di Palembang | Menahan Diri | web

1. Sebelum ke suatu tempat, jelaskan tujuan ke tempat tersebut dan berikan pemahaman tentang apa yang boleh dan tidak boleh, lalu sepakati bersama.

2. Jika di tempat tersebut ternyata sikap Ananda tidak seusai dengan kesepakatan, ajak bicara dan berikan penjelasan (saat berbicara, sejajarkan posisi tumbuh dengan Ananda, jongkoklah…)

3. Sampaikan dan ingatkan apa yang sudah diperjanjikan dengan suara dan ekspresi yang tenang. Orang tua yang panik akan mudah ‘ditaklukan’ anak.

4. Jika ternyata Ananda rewel, menangis dan berteriak, tetaplah tenang. Sampaikan bahwa ia boleh kecewa dan silakan menangis untuk beberapa saat (berikan batas waktu sambil melihatkan jam, 5 atau 10 menit).

5. Tunggulah sampai ia selesai mengekpresikan kekecewaannya. Ini adalah PROSES dan moment yang sangat berharga bagi Ayah Bunda dan Ananda. Tak perlu merasa malu dilihat banyak orang, karena Ayah Bunda sedang membantu tumbuhnya sebuah pondasi penting yang menentukan kekuatan mental Ananda di masa depan.

6. Sampaikan berapa menit lagi waktu yang tersisa untuk ia menangis. Jika sudah habis maka katakan bahwa kita harus segera pulang dan sambil beranjak perlahan. Biasanya anak akan paham.

 

Ayah Bunda,

Proses di atas tak akan sukses saat pertama kali dilakukan ya, Ayah Bunda. Jadi bersiaplah untuk terus berlatih menjalankan tahapan-tahapan tadi di berbagai kesempatan dan waktu yang berbeda, hingga Ananda paham dan memiliki kekuatan untuk menahan diri.

Bukti seseorang belajar adalah saat ilmunya tercermin dalam sikap diri. Mendidik anak adalah proses BELAJAR antara Anak dan Orang Tua.

Silakan dishare jika bermanfaat ya, Ayah Bunda…

#MenjadiOrangTuaPintar

#BanggaJadiGuru

———

Pendaftaran Siswa Baru 2016 sudah dibuka ya, Ayah Bunda…

INFO PENDAFTARAN

CALL CENTER : 0823 9272 6000

———

Tips Parenting | TK di Pekanbaru | TK di Palembang

Comments

comments

Comments are closed.