Tips Melatih Ananda Berpuasa

FAKTOR YANG MENENTUKAN KEBAHAGIAAN SEORANG ANAK
13/05/2015
Cara Sederhana Melatih Ananda Pandai Berempati dan Penyayang
07/07/2015

Ayah Bunda,
Mengenalkan dan melatih ananda usia dini berpuasa memang perlu cara tersendiri ya…
Berikut kami bagikan beberapa tips yang dapat Ayah Bunda coba :

1. Ceritakan tentang kenapa kita berpuasa
“Puasa adalah perintah Allah kepada kita, jika kita melakukan apa yang Allah perintahkan dan menjauhi apa yang Allah larang maka Dia akan semakin menyayangi kita. Baju dan mainan yang ananda punya adalah pemberian Allah melalui Ayah Bunda untuk ananda, karena Allah sayang pada Ananda…”.
Demikian kira-kira contoh penjelasan sederhana yang dapat Ayah Bunda coba.
Melatih anak berpuasa | TK di Pekanbaru | TK di Palembang | Tips parenting

2. Penjelasan ilmiah tentang manfaat berpuasa
“Karena kita makan setiap hari, perut kita perlu istirahat supaya ga kecapean… Kalau perutnya cukup istirahat, ananda jadi lebih sehat…”
Penjelasan sederhana ini juga bisa Ayah Bunda pakai sambil menggunakan alat bantu berupa gambar atau video.

3. Ajak Ananda untuk terlibat dalam kegiatan berbagi selama bulan Ramadhan
Mengajak ananda ikut terlibat dalam membagikan bantuan baik berupa uang ataupun benda lainnya kepada yang membutuhkan akan menumbuhkan rasa empati dan kasih sayang. Ayah Bunda dapat menceritakan betapa mereka itu tidak selalu bisa makan dan jajan, sehingga perlu dibantu, dan jelaskan bahwa Allah semakin sayang jika kita mau membantu orang-orang yang sedang kesulitan.

4. Berikan dukungan yang konsisten
Sesekali ananda akan merasa haus, lapar dan letih, terlebih di hari-hari pertama. Saat inilah Ayah Bunda perlu memberikan semangat untuk terus berpuasa. Sampaikan dengan lembut dan senyuman, hindari menggunakan kata-kata yang justru akan melemahkan semangatnya, misalnya : “masa kamu kalah dengan temanmu, dia masih kuat tuh”. Kata-kata seperti itu hanya akan membuat ia terpaksa berpuasa, bukan cinta berpuasa.
Dukungan Ayah Bunda tidak hanya pada saat ia ingin menyerah, tapi juga dibutuhkan saat ia asik bermain, misalnya : “tetap semangat ya, nak… hanya tinggal beberapa jam lagi saja…”

5. Jelaskan apa yang akan ia rasakan saat berpuasa
Ada baiknya Ayah Bunda memberikan penjelasan apa yang akan ia rasakan selama satu harian nanti. Bahwa ia akan merasakan haus, lapar dan letih. Sampaikan bahwa hal tersebut wajar dirasakan oleh semua orang yang sedang berpuasa. Jika sejak awal ia sudah mendapatkan penjelasan seperti ini, ananda tidak akan merasa terlalu kaget dan bisa merespon dengan wajar.

6. Mengisi waktu dengan kegiatan yang menyenangkan
Ajak ananda mengisi harinya dengan kegiatan yang menyenangkan. Misalnya dengan menyiram tanaman di pagi dan sore hari, ikut menolong menyiapkan makanan sahur dan berbuka, ke toko buku dan lainnya.

Ayah Bunda,
Berpuasa untuk anak usia dini tujuannya adalah agar ia mulai mengenal ajaran agamanya, melatih diri dan mencintai apa yang sedang ia lakukan, sehingga dibutuhkan kesabaran orang tua dan proses yang menyenangkan.
Bantu ananda untuk belajar memahami indahnya berpuasa, tidak hanya sekedar menerima puasa sebagai keharusan dan beban. Ajak ia untuk memahami bahwa dengan berpuasa juga melatih kita untuk menahan keinginan diri yang berlebihan, seperti jajan berlebihan, marah/ ngambek, dan enggan berbagi.

Semoga tips sederhana tadi dapat bermanfaat. Selamat mencoba ya, Ayah Bunda 🙂

===
Tips Parenting | TK di Pekanbaru | TK di Palembang

Comments

comments

Comments are closed.