Tips Memilih Sekolah Bagi Ananda

TK terbaik di Palembang
Bagaimana Standar Sekolah Usia Dini yang Aman Bagi Anak
27/04/2014
Mengenal SIAPA Tim Alifa Kids
30/04/2014

Tips Memilih Sekolah Bagi AnandaAyah Bunda,

Menjelang ajaran baru ini tentu para orang tua sedang disibukan dalam memilih sekolah yang sesuai bagi Ananda. Perlu kita sadari bersama bahwa:

  1. Tidak ada satu sekolah pun yang sempurna
  2. Tidak ada satu sekolah pun yang sesuai untuk semua tipe anak
  3. Tidak ada satu sekolah pun yang sesuai dengan semua keinginan orang tua

Kita tentu bersepakat bahwa sekolah bertujuan untuk mengubah sikap seseorang menjadi lebih baik. Artinya fungsi sekolah tidak hanya untuk menajdikan anak-anak sekedar “tahu” tapi juga untuk menjadikan mereka “mampu” dan “PAHAM”. Anak-anak jugalah yang akan mendapatkan pengalaman rutin di sekolah tersebut. Akan lebih baik jika Ayah Bunda mencari yang sesuai dengan tipe ananda dan yang sesuai mampu menjawab “akan jadi seperti siapa ia kelak?”.

Anak bisa jadi ikut memutuskan sekolah mana yang ia inginkan, namun peran orang tua sangat penting dalam membantu mereka memilih sekolah yang sesuai, terlebih jika ia masih kanak-kanak dan baru akan beranjak ke sekolah dasar.

Berikut beberapa tips yang bisa kami bagi dalam memilih sekolah bagi Ananda:

1. Orang tua dan anak perlu terlebih dahulu memutuskan konsep sekolah seperti apa yang mereka inginkan. Bagaimana kurikulumnya dan yang terpenting bagaimana proses pengajaran serta filosofi di sekolah tersebut.

a. Sekolah Pemikiran Lama:

– Senang membanding-bandingkan anak,

– Memberikan tugas/ PR yang membebani waktu untuk keluarga di malam hari,

– Senang memberikan hafalan yang banyak tanpa tahu makna dan tujuannya,

– Memberikan hukuman ataupun hadiah jika anak gagal atau berhasil, dan tidak menghargai proses yang telah dijalankan siswa

b. Sekolah Pemikiran Baru:

– Meyakini dan mampu menemukan bahwa setiap anak adalah jenius dan berbakat serta memiliki keunikan masing-masing. Seperti Ayah Edy selaku pakar parenting pernah sampaikan bahwa setiap anak adalah bibit unggul yang perlu ditumbuhkan di “media” yang mendukungnya, bukan sebaliknya.

– Tugas/ PR hanya diberikan sesekali untuk menjadi bahan diskusi bersama orang tua di rumah

– Lebih Fokus pada pemberian makna dan pemahaman, anak dijadikan subjek bukan sekedar objek

– Menghargai setiap upaya anak, mereka ditantang untuk berkompetisi dengan diri sendiri, menjadi bagian yang terbaik dari diri mereka, bukan orang lain

2. Orang tua jangan hanya terpaku dengan hal-hal yang berbau fisik semata, karena gedung dan fasilitas yang wah tak menjamin prosesnya baik, tak menjamin fasilitas yang ada tersebut dipergunakan sebagaimana mestinya.

3. Cari tahu mengenai kompetensi guru dan staf disana. Bagaimana mereka dididik dan diberikan pembekalan. Menjadi seorang pendidik tak hanya cukup sekedar ijazah keguruan dan pelatihan sesekali saja. Menghadapi siswa dan tantangan pendidikan yang beragam perlu sebuah Continue Training (Pelatihan yang berkelanjutan). Hanya yang belajar yang berhak mengajar & hanya yang terdidik yang berhak mendidik.

4. Ayah Bunda perlu mencari tahu bagaimana keterlibatan orang tua di sekolah tersebut. Artinya apakah orang tua juga mendapatkan pembekalan agar apa yang diajarkan di sekolah sesuai dengan yang di rumah. Karena sekolah adalah sarana dan jembatannya. Keterlibatan orang tua tidak hanya sebatas rapat-rapat dan event/ acara seremonial belaka. Karena yang sedang dijalankan adalah mempersiapkan anak agar ia bisa hidup di masa sekarang dan sukses di masa depannya.

Semoga tips dari kami bisa membantu Ayah Bunda. Silakan dishare/ dibagikan artikel ini jika Ayah Bunda merasa bermanfaat…

Selamat memilih sekolah terbaik bagi Ananda ya, Ayah Bunda… 🙂

=====

Tips TK Terbaik di Pekanbaru || TK Terbaik di Palembang

 

Comments

comments

Comments are closed.