Tips Menghadapi Permintaan Anak

Kenali Potensi dan Karakter dengan STIFIn Personality ( Seminar Parenting )
07/04/2014
Makna Pelukan bagi Ananda
11/04/2014
Hai, Ayah Bunda… Seperti janji di artikel sebelumnya, kita akan bahas bagaimana menghadapi permintaan Ananda yang banyak, seringnya diluar daftar kebutuhan dan hanya sekedar ingin saja. Bagaimana pun Ayah Bunda tentu tidak ingin dikatakan ‘pelit’ oleh teman/ keluarga dan anak sendiri kan…?


Berikut kami bagi tips yang bisa Ayah Bunda coba.
1. Sebelum diminta ini dan itu, sediakan waktu untuk Ayah Bunda dan Ananda ngobrol bareng tentang hari Ulang Tahunnya (pasti ia bersemangat).

Bahaslah rencana acara Ultahnya nanti, apakah dirayakan di rumah, dengan keluarga, di panti asuhan, atau di sekolah.
nah, pada saat membahas ini, tanyakan kira-kira Ananda ingin apa saja yang dijadikan kado, tulis lah sebanyak yang ia sebutkan (wahhh… bisa habis nih kas bunda, hehhee…)

2. Selesai mendengarkannya bersemangat dengan hadiah-hadiah yang ia mau lalu sampaikan:
“Nak… ini kan daftarnya sudah banyak ya… tolong dipilih 3 kado saja yang Ananda betul-betul inginkan dan sebutkan kenapa ingin itu”

Biasanya ia akan “galau” hehehee…. Ayah Bunda sedang mengajarkan bahwa tidak semua yang kita inginkan harus kita miliki, namun bukan berarti kita ga boleh punya sama sekali. Latihan menahan diri ini jauhhhhh lebih penting ketimbang Les Baca Tulis Hitung yang kerap Ayah Bunda Paksakan…

3. Setelah ia memutuskan 3 poin yang inginkannya lalu sampaikan:
“nak, ini kita tempel di dinding kamar ya… nanti kalo Ananda ingin sesuatu boleh koq… tinggal kita batalkan saja salah satu yang ada disini. Karena untuk Ultah nanti Ayah Bunda persiapkan 3 kado”

Kenapa di dinding…? agar ia selalu nampak dan punya harapan serta mengerti konsekuensi dari permintaannya. semakin ia ingin sesuatu yang lain semakin ia belajar menahan diri.

Kenapa disaat Ultah…? Karena itu adalah momen bahagia dan tanpa syarat. Jika Ayah Bunda memberikan sesuatu setelah ia mengerjakan hal yang menyenangkan akan tidak baik bagi emosinya “Jika saya baik maka saya dapat upah”.

4. Apakah boleh memberikan sesuatu sebelum hari Ultahnya…?
Tentu saja boleh… Namun bukan berdasarkan permintaannya, atau lebih tepatnya bukan sesaat setelah ia menginginkan.
Berikan kejutan yang mungkin ada di salah satu list yang tadi ia sebutkan. Ayah Bunda bisa kasi kejutan itu mungkin sepulang kantor, saat menjemput dari sekolah atau sebelum ia tidur malam.

5. Bagaimana jika ia rewel…?
Seperti artikel sebelumnya, ini adlaah proses konsistensi dan komitmen antara Ayah Bunda dan Ananda…
Mempersiapkan mentalnya terhadap penolakan dengan cara yang lebih baik tentunya jauh berakibat positif ketimbang nanti ia merasa kecewa saat dewasa karena lingkungan yang belum tentu sesuai dengan keinginannya.

Ayah Bunda… rapuh atau kuatnya mental seorang anak benar-benar ditentukan oleh proses ia dibesarkan.
Didik mereka dengan kasih sayang dan persiapkan.

Selamat mencoba, Ayah Bunda… 

——–
Info :
Bagi Ayah Bunda yang ingin MENDAFTARKAN Ananda di TK Alifa Kids, dapat menghubungi Call Center kami :

0761- 7721082 (Pekanbaru)
0711 – 870 0066 ( Palembang)
Masih tersedia Voucher DISKON hingga Rp. 1.350.000

Summary
Tips Menghadapi Permintaan Anak
Article Name
Tips Menghadapi Permintaan Anak
Description
Hai, Ayah Bunda... Seperti janji di artikel sebelumnya, kita akan bahas bagaimana menghadapi permintaan Ananda yang banyak, seringnya di luar daftar kebutuhannya dan hanya sekedar ingin saja
Author

Comments

comments

Comments are closed.