Tips Menumbuhkan Leadership sejak Dini

Zahra, ananda Cantik yang Santun dan Periang
13/09/2016
Serunya Cooking Class di Dapur Coklat
06/10/2016

TK-di-Pekanbaru-TK-di-Palembang-TK-di-Bandung-TK-di-BIntaro-TK-di-Jakarta

Ayah Bunda,

Jiwa Leadership telah mulai tumbuh dalam diri Ananda yang akrab di sapa Fajri ini. Ketika shalat, dengan senang hati ia mengimami teman-temannya. Tak hanya itu, ia pun mampu memimpin ketika berdo’a dan memandu teman-teman ketika melaksanakan berbagai kegiatan.

 

TK-di-Pekanbaru-TK-di-Palembang-TK-di-Bandung-TK-di-BIntaro-TK-di-Jakarta

Sebuah cerita inspiratif dari Ananda Fajri ketika tiba waktu shalat tiba di kegiatan FULL DAY. Seperti biasa, Ananda Fajri memimpin teman dan adik-adik untuk membaca do’a ketika masuk kamar mandi hingga lafadz niat berwudhu.

Ketika shalat ashar berlangsung, terdengar suara Fajri yang mencoba mengikuti bacaan shalat bunda. Saat shalat selesai, dengan sungguh-sungguh sambil menutup mata Fajri membaca doa untuk kedua orangtua.

Dan di akhir shalat, ketika bunda guru mengucapkan terimakasih karena Ananda telah shalat dengan sungguh-sungguh, tiba-tiba Fajri berkata :

“Bunda tadi adek senggol-senggol Abang, terus abang bilang adek gak sayang Allah, nanti Allah sedih…  Kalau anak pintar sungguh-sungguh shalatnya karena Allah melihat kita shalat kan, bunda…”, ujar Fajri mencoba memberi pemahaman sederhana kepada sang adik.

 

Ayah Bunda,

Kemampuan yang dimiliki Ananda Fajri tentu tak lahir dari proses yang instan..

Hal ini membutuhkan adanya konsistensi Bunda guru serta kerjasama Ayah Bunda yang selalu memberikan contoh dan pemahaman bagaimana berkasih sayang dan peduli terhadap sesama.

Diperlukan diskusi panjang, memperbanyak dialog dan membuka ruang untuk bertanya dan tidak menghakimi kesalahan mereka.

 

Berikut tips agar Ananda mampu belajar menjadi pemimpin, baik untuk dirinya sendiri ataupun adik-adiknya:

a. Memberikan pemahaman sederhana tentang siapakah pemimpin

b. Ajak Ananda untuk menceritakan kembali siapakah pemimpin

c. Diskusi bersama tentang contoh sikap seorang pemimpin

d. Memperbanyak kesempatan Ananda untuk langsung terlibat memimpin, baik ketika pembelajaran dimulai, saat proses makan, imam saat shalat dan sebagainya.

Selamat menumbuhkan kesadaran untuk buah hati tercinta ya, Ayah Bunda…

 

=====

Ayah Bunda,

Beberapa cabang TK Alifa Kids masih ada kuota untuk pendaftaran siswa baru. Untuk memastikan apakah Ananda nyaman di TK Alifa Kids, kami menyediakan GRATIS  Trial Class selama 3 hari. Ajak Ananda ke Cabang Alifa Kids terdekat yuk, Ayah Bunda… 🙂

Call Center : 0823 9272 6000

======

TK di Pekanbaru | TK di Palembang | TK di Bandung

Comments

comments

Comments are closed.