Happy Parents for Happy Family

Menasehati Anak: dengan Dongeng vs Hukuman
17/04/2014
TK terbaik di Palembang
Bagaimana Standar Sekolah Usia Dini yang Aman Bagi Anak
27/04/2014

Ayah Bunda…
Sebagai orang tua tentu kita mengharapkan kehidupan yang sukses, bermanfaat sekaligus berbahagia bagi anak-anak kita di masa depan. Sukses dan bermanfaat mungkin sesuatu yang masih bisa diukur dan cukup kasat mata. Bagaimana dengan Bahagia…? ia adalah tentang rasa, dan jiwa…

Apakah orang tua dapat membantu Ananda agar kelak ia merasa Bahagia dalam hidup tanpa perduli apapun yang ia alami dalam proses hidupnya..?
Jawabnya adalah Sangat Bisa 🙂

Ayah Bunda…
Teladan pertama bagi Ananda tentunya orang tua. Tindak tanduk dan perasaan orang tuanya menjadi dasar bagi ia bersikap kelak.
Bagaimana mungkin orang tua yang mudah putus asa akan melahirkan anak yang pantang menyerah…?
Bagaimana mungkin orang tua yang mudah panik akan melahirkan anak yang bijak…?
Bagaimana mungkin orang tua yang memendam/ meledakan amarah melahirkan anak yang damai…?

Apakah kebahagiaan hadir pada saat kita mampu punya ini dan itu, atau kita bahagia lalu kita mampu meraih ini dan itu..? Jadilah kebahagiaan itu sebagai penyebab dan keputusan.

Setiap kita berhak untuk memutuskan bahagia, hari ini, seterusnya, dan dalam kondisi apapun. Apakah kita tak boleh sedih..? tentu boleh, karena itu manusiawi, namun tak berlebihan hingga memperburuk keadaan.

Anak mampu melihat, merasakan apakah orang tua mereka hidup berbahagia..? pura-pura bahagia..? atau tidak bahagia…? Sejak dalam kandungan pun janin sudah mampu merasakannya. tak hanya perasaan dari sang ibu tapi juga sang bapak.

Miskomunikasi atau salah paham adalah faktor yang paling sering menjadi penyebab “terhentinya” kebahagiaan pasangan. Solusinya adalah berusaha mengenal pasangan sebaik mungkin. Mengenal pasangan tak hanya dari apa yang dia ucapkan, kita perlu gali hal-hal yang tak terucap, tentang kesedihannya, traumanya, hal apa yang membuat ia meras bernilai/ dihargai..?

Yuk, Ayah Bunda… kita terus belajar demi kebaikan masa depan Ananda tercinta… Kelak kita tiada, moga mereka merasa bersyukur telah memiliki orang tua pembelajar dan penuh cinta seperti Ayah Bunda…

Comments

comments

Comments are closed.